> >

Kata Surya Paloh soal Bubarkan NasDem jika Ada Kader yang Korupsi: Enggak Demikian Maknanya

Politik | 6 Oktober 2023, 10:04 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh angkat bicara soal pernyataannya akan membubarkan partainya jika ada kader yang terjerat korupsi. Pernyataan ini muncul lagi usai Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang merupakan kader NasDem, terjerat kasus dugaan korupsi.

Pernyataan tersebut disampaikan Surya Paloh delapan tahun yang lalu, tepatnya pada 3 Juni 2015 di Hotel Mercure, Ancol, usai membuka pembekalan caleg partai.

“Tidak layak Partai NasDem dipertahankan (jika ada kader yang korupsi),” kata Surya Paloh kala itu. 

Baca Juga: Surya Paloh Pastikan Menteri LHK Siti Nurbaya Tetap di Kabinet Presiden Jokowi

Namun, pernyataan itu tak pernah direalisasikan, meski sejumlah kader Partai NasDem terbukti terlibat korupsi.

Mulai dari mantan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella yang terjerat kasus suap pada 2014 hingga mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang diduga terlibat korupsi proyek pengadaan BTS.

Kini, Mentan Syahrul Yasin Limpo disebut terlibat dalam dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui tengah mengusut tiga klaster dugaan korupsi di Kementan, yaitu pemerasan dalam jabatan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang.

Kamis (5/10/2023), Surya Paloh mengklarifikasi pernyataannya soal akan membubarkan Partai NasDem jika ada kader yang korupsi.

“Enggak demikian meaning-nya (maknanya). Enggak ada yang lebih tolol dari ketum partai yang mengatakan kalau ada kader partai yang korupsi, partai dibubarkan, bodoh dia,” kata Surya di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

“Itu saya salah karena memang tidak ada itu. Meaning-nya bukan begitu,” sambung dia.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU