> >

Pengamat: Duet Ganjar Anies Mungkin Terjadi untuk Redam Laju Prabowo

Rumah pemilu | 24 Agustus 2023, 11:51 WIB
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (Sumber: Kompas.com)

KOMPAS.TV – Wacana memasangkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden-wakil presiden dinilai sangat mungkin terjadi, terlebih dengan adanya efek pergerakan Prabowo Subianto yang cukup masif.

Analisis itu disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Andi Ali Armunanto, Kamis (24/8/2023).

“Saya rasa ini hal yang sangat mungkin, apalagi dengan efek dari pergerakan Prabowo dan pendukungnya yang cukup masif,” tuturnya saat dihubungi Kompas.TV melalui telepon.

Efek pergerakan Prabowo ini, menurutnya memberi tekanan pada PDIP untuk memikirkan agar lebih inklusif, dan menyebabkan peta koalisi menjadi cair kembali.

Baca Juga: Anies Buka Suara soal Wacana Duet dengan Ganjar di Pilpres 2024

“Kita lihat juga kemarin bagaimana ketika PAN dan Golkar kemudian mendeklarasikan dukungannya untuk Prabowo, ternyata belakangan disusul dengan manuver politik oleh PDIP, termasuk mencoba menggaet Cak Imin.”

Dari situ, lanjut dia, dapat dilihat bahwa kondisi tersebut bisa jadi memengaruhi pemasangan capres dan cawapres.

“Dalam artian, kita lihat sekarang indikasinya Demokrat sudah mulai cair dengan PDIP, PKS sudah mulai lebh fleksibel, saya rasa tinggal Nasdem yang belum menunjukkan indikasi itu.”

“Tapi saya rasa kalau Demokat dan PKS sudah cair, tentu  ini akan memberi pengaruh ke Nasdem untuk meninjau kembali kebijakan awal mereka,” katanya.

Selanjutnya, tambah Andi Armunanto, hal itu akan mengarahkan parpol-parpol tersebut mempertimbangkan duet Ganjar-Anies.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU