> >

Erick Thohir Masih Jadi Kandidat Bacawapres Ganjar Pranowo meskipun PAN Dorong ke Prabowo

Rumah pemilu | 18 Agustus 2023, 04:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menemui Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo di Kantor Perwakilan Jawa Tengah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023). (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Menteri BUMN Erick Thohir masih ada dalam daftar bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Ganjar Pranowo.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan, pihaknya tidak mencoret nama Erick Thohir sebagai kandidat pendamping Ganjar di Pilpres 2024. 

Meski PAN tidak berhasil mendorong Erick sebagai pendamping Ganjar Pranowo dan masuk ke barisan PDIP, namun partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu tetap memasukkan Erick sebagai Bawacapres Ganjar.

"ya di PDIP sih tetap ada nama tersebut, bahwa kemudian yang bersangkutan atau partai yang mendukung Pak Erick tidak berkenan, ya itu kan boleh-boleh saja," ujar Puan usai menghadiri HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Puan menambahkan, hingga saat ini PDIP masih mengkaji lebih dalam terkait lima nama Bacapres Ganjar.

Dari kelima nama yang sudah beredar di publik, PDIP belum melakukan pengerucutan ke satu nama. 

Baca Juga: Momen Menteri PUPR Basuki ‘Isengin’ Erick Thohir Periksa Baju Berujung Ditegur Istri

Tak hanya itu, sebelum pendaftaran Bacapres dan Bacawapres di KPU, PDIP juga tetap membuka opsi-opsi lain sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

"Kan waktu pendaftarannya masih dua bulan lagi, jadi masih cukup kita lihat rekam jejak, track record. Tentu hal-hal sevisi atau tidak, atau juga seperti ditanyakan apakah yang bersangkutan berkenan atau tidak bergabung dengan PDIP, atau sudah ada pilihan dengan capres yang lain jadi pertimbangan," ujar Puan. 

Sebelumya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pernah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU