> >

Sudirman Said Sebut Terjadi Perbedaan Pandangan di Parpol Pro Anies soal Pengumuman Bakal Cawapres

Rumah pemilu | 14 Agustus 2023, 14:20 WIB
Sudirman Said ditunjuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi Komisaris Utama PT Transjakarta. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman Said menyebut terjadi perbedaan pandangan antar partai politik (parpol) pengusung Anies Baswedan ihwal pengumuman waktu bakal cawapres di Pilpres 2024. 

Sudirman menjelaskan, Nasdem ingin calon pendamping Anies diumumkan setelah koalisi lain mengumumkan pasangan bakal capres dan cawapresnya di pesta demokrasi. 

Sementara Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengharapkan ada deklarasi bersama secepatnya dan mengumumkan nama pasangan cawapresnya Anies.

Baca Juga: Anies Buka Kemungkinan Pilih Bakal Cawapres dari Jawa Timur, Berikut Nama-nama yang Diperhitungkan

“Benar ada perbedaan (soal pengumuman waktu bakal cawapres Anies), tetapi kesamaannya adalah seluruh partai sikapnya berdasarkan Piagam Koalisi, yakni memberikan mandat kepada kandidat (bakal) capres untuk menentukan pasangan,” kata Sudirman seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/8/2023).

Ia menyebutkan tidak lama lagi akan mengumumkan kandidat bakal cawapres yang akan disandingkan dengan Anies di Pilpres 2024.

"Kapan pengumuman kandidat cawapres Anies Baswedan dilakukan, ini masih dalam pembicaraan KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan)," kata Sudirman Said.

Ia menjelaskan, dirinya tak mempersoalkan pandangan berbeda terkait waktu deklarasi sekaligus pengumuman calon pendamping Anies.

“Ketiga partai KPP punya latar belakang dan konteks internal yang berbeda beda, meski dengan tujuan yang sama yaitu mengusung dan memenangkan pasangan capres dan cawapres koalisi perubahan,” katanya.

Menurut Sudirman Said, Anies telah mendapat masukan berbagai nama calon pendampingnya selama beberapa bulan terakhir dari hasil berkonsultasi dengan banyak tokoh masyarakat, baik pemimpin partai maupun non partai.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU