> >

Erick Thohir soal Bakal Cawapres di Pilpres 2024: Saya Tegak Lurus ke Jokowi

Rumah pemilu | 20 Juli 2023, 10:17 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Rabu (19/7/2023). (Sumber: KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan tegak lurus dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ihwal langkah politiknya dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Erick menanggapi pertanyaan terkait kesediaannya jika diminta menjadi bakal cawapres di pesta demokrasi nanti.

"Saya sudah bilang, saya tegak lurus sama Bapak Presiden. Siap di dalam pemerintah, siap di luar pemerintah," kata Ketua PSSI seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (19/7/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Beberkan Isi Pertemuannya dengan Prabowo dan Jokowi di Istana Bogor

Menurut Erick, akan ada proses yang dilakukan sebelum dia menyetujui bila ada ajakan dari salah satu bacapres tersebut.

"Satu, apakah proses daripada koalisi terjadi? Kedua, kecocokan antara capres dan cawapres," kata Erick. 

Ia menjelaskan, dirinya akan melakukan diskusi dengan para bakal capres bila memang ada yang memintanya untuk menjadi bakal cawapres di Pilpres 2024. 

"Kalaupun terjadi kesepakatan, saya bilang saya perlu lebih. Lebihnya apa? Bukan kesepakatan politik, tetapi kesepakatan negara ini mau dibawa ke mana," ujarnya.

Menurut dia, para bakal capres-cawapres tak boleh hanya berbicara sekadar berebut kekuasaan. 

"Jangan kita hanya bicara kekuasaan tetapi kondisi rakyat tidak baik saja. Ekonomi kita sedang tumbuh-tumbuhnya, tetapi pemetaan itu harus terjadi. Kesenjangan ini meningkat apalagi kalau kita lihat sekarang yang namanya masyarakat Indonesia lebih banyak di kota, 50 persen lebih. Jadi isunya pun sekarang berubah," kata Erick.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Tribunnews.com


TERBARU