> >

Anies Heran Sering Ditanya soal Pembangunan IKN: Apa Ada Masalah?

Politik | 13 Juli 2023, 16:21 WIB
Foto arsip. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan paparan. (Sumber: KOMPAS/WISNU WIDIANTORO)

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, mengaku heran dengan sikap sejumlah orang yang kerap menanyakan ihwal pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN, kepada dirinya. 

Anies menanggapi pertanyaan Wali Kota Bogor Bima Arya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) di gedung Upperhills Convention Hall, Jl Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

"Bagaimana Mas Anies memandang perencanaan dan pembangunan IKN?" tanya Bima. 

Baca Juga: Anies Tunjukkan Foto Pasokan Listrik di Indonesia: Terlihat Ketimpangan yang Luar Biasa

Anies lantas menjawab kalau sebuah program pemerintah memiliki dasar yang kuat dan masyarakat pun merasakan dampak positifnya, hal itu dengan sendirinya akan dilaksanakan. 

"Jadi, saya melihat bila ini adalah rencana yang baik pasti jalan terus. Bila ini ada masalah, saya juga kadang-kadang heran, kenapa sering ditanyakan ya? Apa ada masalah?" kata Anies.

"Kok saya tidak ditanyakan bagaimana dengan pangan murah, subsidi BBM, kok itu enggak pernah ditanyakan? Tapi kok IKN selalu ditanyakan? Apa sebenarnya di alam bawah sadar kita ada pertanyaan? Cukup sampai di situ jawaban saya," sambungnya. 

Dia menjelaskan setiap kepala daerah kerap kali yakin untuk menjalankan program atau kebijakan jika punya dasar kuat dan telah direncanakan dengan baik.

"Sesuatu yang direncanakan dengan baik, memiliki dasar yang kuat, dia tidak perlu otot politik untuk bisa dilaksanakan," ujar Anies. 

"Sesuatu yang mempunya dasar yang kuat dan baik dirasakan masyarakat, dengan sendirinya akan menggelinding," katanya. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU