> >

Sekjen PDIP Sebut Megawati Akan Umumkan Bakal Cawapres Ganjar pada September, Ini Bocorannya

Rumah pemilu | 5 Juli 2023, 07:13 WIB

 

Bakal capres PDI-P Ganjar Pranowo saat berswafoto dengan saat melepas jalan sehat di Bali, Sabtu (17/6/2023) pagi. (Sumber: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan nama bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo pada September 2023 mendatang. 

Ia menjelaskan, partainya dengan seluruh partai politik (parpol) yang mendukung Ganjar di pesta demokrasi nanti masih melakukan diskusi bersama ihwal sosok yang layak untuk mendampingi gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024.

"Juli, Agustus bulan penggodokan, pematangan. Kemudian September, tentu saja ini kewenangan ibu ketua umum untuk mengumumkan calon wakil presiden," kata Hasto seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/7/2023). 

Baca Juga: Alasan Sandi Kenalkan Ganjar Sebagai ‘The Next President’ ke Pejabat Arab Saudi

"Kepemimpinan Pak Ganjar banyak diterima luas sehingga kandidat bakal cawapres banyak, terus dikerucutkan. Kemudian bulan Juli, Agustus menjadi momentum penggodokan dan akan mencari perpaduan terbaik," ucapnya.

Ia mengatakan, sosok yang akan mendampingi Ganjar nanti harus memenuhi kriteria yang ditentukan. 

"Sosok wakil yang punya kemampuan profesional, kemampuan teknik, taktik dan mampu menyebarkan apa yang menjadi tema Rakernas PDI-P yaitu fakir miskin dipelihara negara," kata Hasto 

Hasto menambahkan, PDIP meneladani kepemimpinan Bung Karno dan Hatta yang dipandang saling melengkapi. 

Selain itu, pemimpin selanjutnya tentu juga harus memahami politik luar negeri yang dianut oleh Indonesia.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


TERBARU