> >

Menerka Bakal Cawapres Prabowo Subianto, SMRC: Betul-Betul Tidak Ada yang Menonjol

Rumah pemilu | 29 Juni 2023, 20:04 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilaksanakan pada bulan Mei 2023 menunjukkan bahwa tak ada nama yang menonjol di dalam bursa bakal cawapres Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dengan skema tiga bakal capres, menghadapi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil survei yang dilakukan sebelum Sandiaga Uno bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengungkapkan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mendapat persentase tertinggi.

Pendiri SMRC Prof Saiful Mujani menyebut bahwa nama-nama tokoh yang disimulasikan sebagai pendamping Prabowo ini tidak ada yang menonjol. 

"Prabowo Subianto berhadapan dengan Anies dan Ganjar, di sini betul-betul tidak ada yang menonjol," kata Saiful, dipantau dari diskusi bertajuk “Bakal Calon Wakil Presiden Pilihan Publik” melalui kanal YouTube SMRC TV, Kamis (29/6/2023).

Menurut Saiful, selisih suara antara Sandiaga, Erick, Mahfud MD, Muhaimin, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kurang lebih sama.

Baca Juga: Survei SMRC: Erick Thohir dan Sandiaga Uno Bersaing dalam Bursa Cawapres Ganjar

"Jadi dalam hal ini tidak ada tokoh yang cukup beda dari tokoh yang lainnya, menurut versi masyarakat 'siapa sebaiknya yang menjadi calon wakil bagi Prabowo Subianto'," jelasnya.

Masyarakat atau responden survei nasional ini menilai Sandiaga Uno paling baik mendampingi Prabowo dengan jumlah dukungan sebesar 13,9 persen.

Angka tersebut disusul dengan Erick Thohir (11,3 persen); Mahfud MD (11,2 persen); Muhaimin Iskandar (10,5 persen); dan AHY (10,2 persen).

Kemudian, Khofifah Indar Parawansa (6,6 persen); Airlangga Hartarto (5,2 persen); Yahya Cholil Staquf (4,5 persen); Said Aqil Siroj (1 persen); dan 25,6 persen belum menjawab.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU