> >

Ahmad Basarah Artikan Presiden Ke-8 RI di Mimpi SBY Mengarah ke Ganjar Pranowo, Begini Analisisnya

Politik | 22 Juni 2023, 06:20 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (31/5/2023) malam. (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PDI Perjuangan (PDI-P) menilai presiden kedelapan RI dalam mimpi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tertuju kepada Ganjar Pranowo. 

Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah menjelaskan dalam menafsir mimpi SBY tersebut secara pribadi ada kesamaan pandangan antara Megawati, Jokowi dan SBY terkait presiden kedelapan RI. 

Menurutnya kesamaan pandangan tersebut bisa dilihat dari penjelasan SBY soal satu gerbong kereta api bersama Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi.

Artinya ada kolaborasi antar pemimpin bangsa dan kesinambungan proses pembangunan.

Sosok yang bisa mewujudkan kolaborasi dan keberlanjutan pembangunan itu menurut penilaian Basarah tidak lain Ganjar Pranowo, bakal Capres dari PDI-P.

Baca Juga: Mimpi SBY Segerbong Dengan Jokowi dan Megawati, Begini Tanggapan PDI-P dan Demokrat

"Kalau tafsir saya pribadi, mimpi Pak SBY itu esensinya adalah esensi filosofisnya adalah bahwa presiden kelima, presiden keenam, presiden ketujuh, punya mimpi yang sama. Mimpinya adalah Pak Ganjar presiden RI kedelapan," ujar Basarah usai acara Haul Bung Karno di Masjid At-Taufiq, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Lebih lanjut Basarah menilai selain kesamaan pandangan soal sosok presiden selanjutnya, esensi mimpi SBY juga tertuang proses konsolidasi PDI-P dan Partai Demokrat. 

Namun Basarah lebih menekankan penafsiran dari filosofi mimpi SBY kepada sosok presiden kedelapan RI, yakni menginginkan Ganjar Pranowo sebagai presiden selanjutnya.

"Mimpinya adalah Pak Ganjar presiden RI kedelapan. Oke? Gitu ya, itu makna mimpi pak SBY," ujar Basarah, dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU