> >

Ini Pertimbangan PDIP Masukkan AHY sebagai Kandidat Cawapres Ganjar

Rumah pemilu | 8 Juni 2023, 07:00 WIB
Ketua DPP PDIP Said Abdullah saat ditemui di sela Rakernas ketiga PDIP, Rabu (7/6/2023). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PDI Perjuangan memasukkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat Cawapres Ganjar Pranowo. 

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menjelaskan DPP PDIP tidak main-main dalam mencari kandidat yang cocok menjadi pasangan Ganjar di Pilpres 2024. 

Sejumlah nama yang sebagai bakal Cawapres Ganjar pastinya melalui penyaringan dan pertimbangan secara ketat. Begitu juga dengan masuknya nama AHY sebagai kandidat cawapres. 

Salah satu pertimbangannya yakni elektabilitas AHY dan Partai Demokrat yang semakin naik dalam hasil survei belakangan ini. 

"Kami tidak main-main, bayangin kalau 'Masukin saja si Said, masukin saja si AHY', loh enggak begitu. Kan kita lihat yang satu Pak AHY ketua umum, yang satu partainya elektabilitasnya semakin naik. Kan ada pertimbangan-pertimbangannya," ujar Said saat ditemui di sela Rakernas ketiga PDIP, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Puan Maharani Sebut AHY Masuk Kandidat Bacawapres Ganjar, tapi Hasto Bilang Itu Bukan Godaan Politik

Said menambahkan masuknya AHY sebagai kandidat Cawapres Ganjar bukan bertujuan menjegal Anies Baswedan sebagai bakal Capres di 2024 dengan merusak komposisi anggota koalisi. 

Ia menegaskan DPP PDIP tidak memiliki niat untuk menjegal tokoh nasional yang ingin maju di Pilpres 2024. Apalagi merusak Koalisi yang sudah terbangun untuk mendukung pihak tertentu sebagai bakal capres. 

"Kita itu tidak boleh kemudian menjemput nama seseorang dengan sikap mau merusak koalisi, kami menegaskan kami tidak akan melakukan itu (nama AHY) dari berbagai pihak dan masuk," ujar Said.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan beberapa nama kandidat cawapres Ganjar Pranowo.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU