> >

Survei Indikator Politik: Di Kalangan Petani, Peternak dan Nelayan, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Rumah pemilu | 5 Juni 2023, 08:58 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) dan Presiden Joko Widodo berjalan di tengah sawah dalam kunjungan kerja mereka ke Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Humas Pemprov Jateng via ANTARA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di kalangan petani, peternak dan nelayan, Prabowo Subianto unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Bakal calon presiden yang diusung Partai Gerindra itu berhasil mengumpulkan 48,5 persen disusul bakal capres dari PDIP Ganjar berada di peringkat kedua dengan perolehan 29,7 persen dan bakal capres Nasdem Anies 6,1 persen.

“Dari sisi petani, peternak, nelayan ke Prabowo. Buruh kasar imbang antara Ganjar dan Prabowo,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi yang dirilis Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Survei Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo 38 Persen, Ganjar 34,2 Persen dan Anies 18,9 Persen

Sedangkan pada kategori toko/grosir, wiraswasta, pengusaha dan kontraktor, Prabowo juga unggul dengan perolehan suara sebanyak 38,4 persen, Ganjar 34,9 persen sementara Anies 18,0 persen.

"Sementara, ibu rumah tangga beda tipis antara Prabowo dengan Ganjar dalam margin of error. Adapun yang masih sekolah atau kuliah ke Prabowo,” ujarnya.

Selain itu dari segi tingkat pendapatan, Prabowo masih unggul di semua kategori, yaitu pendapatan di bawah Rp1 juta per bulan hingga mereka yang berpendapatan Rp4 juta atau lebih per bulan.

Lalu pada kategori pelajar yang masih sekolah atau kuliah, Prabowo pun unggul perolehan suara sebesar 36,3 persene, sementara Ganjar 27,7 persen, dan Anies 25,4 persen.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia itu, juga dimuat hasil elektabilitas head to head antar capres.

Apabila head to head antara Prabowo dan Ganjar, Menteri Pertahanan itu unggul 50,5 persen daripada Gubernur Jawa Tengah yang memiliki 39,3 persen.

Penulis : Iman Firdaus Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU