> >

Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Hari Ini

Peristiwa | 5 Juni 2023, 08:15 WIB
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang hari ini Senin (5/6/2023).

Dikutip dari situs BMKG tercatat wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir meliputi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian Banten, Jawa Barat, dan berbagai wilayah di Kalimantan, Sulawesi, serta Papua Barat dan Papua.

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang lebih dari 45 km per jam, di antaranya Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, beberapa wilayah di Kalimantan, Sulawesi Barat dan Papua.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG: Jakarta Akan Diguyur Hujan Ringan Malam Ini

Gerakan Sirkulasi Siklonik

BMKG melaporkan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di Teluk Cendrawasih, yang membentuk daerah konvergensi di Papua bagian tengah dan daerah konfluensi di Papua Tengah serta pesisir barat Bengkulu.

 

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Laut Andaman ke pesisir barat Thailand, di Laut Cina Selatan, dari Laut Cina Selatan ke Laut Sulu, dari pesisir barat Aceh hingga Selat Malaka, pesisir barat Lampung hingga pesisir barat Bengkulu, dan beberapa wilayah lainnya.

Sementara itu, daerah pertemuan angin (konfluensi) terdapat di Laut Cina Selatan, dari Laut Banda hingga Laut Flores, dan beberapa wilayah lainnya.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU