> >

Ini Aulia Akbar, Sosok Pemenang Sayembara Logo IKN Nusantara yang Raih Hadiah Rp185 Juta

Humaniora | 31 Mei 2023, 11:35 WIB
Sosok Aulia Akbar, desainer sekaligus pemenang sayembara Logo IKN Nusantara bertema pohon hayat (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Pohon Hayat yang diajukan oleh Aulia Akbar dalam sayembara yang diadakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi beberapa waktu keluar sebagai pemenang.

Pengumuman pemenang logo IKN Nusantara itu dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Presiden Jokowi menilai logo pohon hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Jokowi.

Logo tersebut memiliki perincian berupa lima akar di bagian bawah mewakili Pancasila, tujuh batang di bagian tengah mewakili tujuh pulau besar dalam wilayah Indonesia, serta bunga 17 kelopak di bagian atas mewakili tanggal kemerdekaan RI.

Presiden Jokowi berharap logo bertema pohon hayat tersebut akan menginspirasi IKN Nusantara untuk menciptakan tempat kehidupan baru sekaligus simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia pada masa depan.

"Menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, bangsa yang besar, bangsa yang majemuk, dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan, beserta ekosistemnya," jelas Jokowi.

Baca Juga: Apa Itu Pohon Hayat? Desain yang Ditunjuk Jokowi sebagai Logo IKN Nusantara

Melansir dari Kompas.com, hadiah pemenang sayembara logo IKN Nusantara akan mendapat uang tunai Rp185 juta.

 

Profil Aulia Akbar

Dikutip dari laman ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia), Aulia Akbar merupakan Desainer Grafis asal Bandung, Jawa Barat.

Ia merupakan co-founder sekaligus Desain Researcher konsultan branding di Bandung, POT Branding House yang merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif.

POT Branding House membantu kliennya agar dapat mengembangkan mereknya dengan cara branding concept, visual identity, design digital marketing, dan brand application.

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas.com, Antara


TERBARU