> >

Relawan Jokowi Tidak Bulat Dukung Ganjar, Tim Pemenangan Sebut Wajar karena Sudah Banyak yang Bubar

Rumah pemilu | 20 Mei 2023, 06:10 WIB
Ketua Tim Kemenangan Ganjar Pranowo, Dedy Sitorus (kiri) dan Ketua Umum Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer (kanan) di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (19/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal memberi tiga nama capres hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi kepada partai politik. 

Tiga nama tersebut yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Sekretaris Tim Koordinator Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo, Dedy Sitorus menilai tiga nama yang muncul di Musra relawan menunjukkan adanya demokrasi dalam memberi rekomendasi calon pemimpin negara.

Menurutnya jika dalam Musra relwan hanya memunculkan satu nama, maka hal tersebut sama saja dengan deklarasi.

Baca Juga: Relawan sampaikan 3 Nama yang Penuhi Kriteria Pemimpin Berani, Siapa Pilihan Jokowi? -ULASAN ISTANA

"Tidak mungkin suara jadi bulat, kita satu keluarga bisa tidak bulat apalagi ribuan orang. Itu hal yang sangat wajar dan natural," ujar Dedi di program Dua Arah KompasTV, Jumat (20/5/2023) malam.

Politikus PDI Perjuangan (PDI-P) ini menilai, meski Musra relawan mengusulkan tiga nama, namun banyak relawan dari pendukung Jokowi kini mendukung Ganjar. 

Saat ini, kata Dedi, sekitar 600 organisasi relawan yang mendukung Ganjar sebagai Capres 2024. Jumlah tersebut sudah termasuk relawan Jokowi yang kini mendukung Ganjar.

Menurut Dedi, dari 2014 sampai saat ini, dirinya masih memegang dan memperbarui data para relawan Jokowi.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Unggul di Kalangan Pemilih Islam, Ganjar Menang di Kota

Sebelumnya jumlah organisasi relawan bisa mencapai 1.400, namun setelah Pilpres mayoritas organisasi ini membubarkan diri. 

"Dulu memang ada 1.200 sampai 1.400 oraganisasi relawan, tapi mayoritas membubarkan diri setelah Pilpres, dan sekarang masih ada yang jalan," ujar Dedi. 

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU