> >

Airlangga Hartarto Bertemu SBY di Cikeas, Bahas Koalisi 2024?

Rumah pemilu | 29 April 2023, 20:31 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ditemui wartawan di halaman Masjid Ainul Hikmah, Kompleks DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (19/3/2023). (Sumber: ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Sabtu (29/4/2023) sekitar Pukul 18.45 WIB. Pertemuan pertama antara Partai Golkar dengan Partai Demokrat itu disinyalir membahas soal pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Menurut politisi dari Partai Demokrat Andi Malarangeng, hubungan Partai Golkar dan Partai Demokrat sudah terjalin baik sejak masa pemerintahan SBY sebagai presiden ke-6. Ia mengibaratkan pertemuan ini seperti flash back atau mengulang romantisme antara Parta Demokrat dan Partai Golkar pada rezim SBY.

Berdasarkan pantauan jurnalis KompasTV Jonah Hamonangan, pertemuan ini menjadi langkah Partai Golkar menjajaki koalisi Pilpres 2024. Seperti yang diketahui, selama ini Partai Golkar dan Partai Demokrat memiliki koalisi yang berbeda.

Baca Juga: Golkar Dekati Demokrat, Upaya Rangkul SBY-AHY demi Jadikan Airlangga Bacapres?

Pertemuan yang berlangsung antara kedua petinggi partai itu dilakukan tertutup. Partai Demokrat selama ini diketahui mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Sementara, Partai Golkar yang sebelumnya bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum mendeklarasikan sosok yang akan diusung dalam Pilpres 2024. PPP yang selama ini juga tergabung dalam KIB justru menunjukkan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Komunikasi politik yang dibangun sampai saat ini masih cair dan pertemuan masih di taraf menimbang serta membicarakan poin-poin plus dan minus. Artinya, belum terlihat apa yang menjadi arus utama.

Baca Juga: Ketum Golkar Airlangga Hartarto Sebut KIB Tidak Bubar Meski PPP sudah Umumkan Dukungan pada Ganjar

 

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU