> >

Puan Sebut PDIP Setuju Masuk Koalisi Besar Pilpres 2024, Asalkan...

Rumah pemilu | 4 April 2023, 15:03 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Sumber: KOMPAS/RADITYA HELABUMI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi rencana pembentukan koalisi besar partai politik (parpol) dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Menurut dia, pihaknya akan menyetujui masuk ke dalam koalisi besar apabila tercapai sebuah kesepakatan untuk Indonesia yang lebih baik. 

Baca Juga: Pengamat Ungkap PDIP Bakal Sulit Gabung Koalisi Besar 5 Parpol Pro Jokowi, Ini Faktornya

Koalisi besar ini merupakan penggabungan antara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN, serta PPP dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bentukan Gerindra dan PKB. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal merestui terbentuknya koalisi besar ini.

"Koalisi itu kan bisa dilakukan jika kemudian visi dan misi atau kemudian cita-cita dari semuanya itu bersepakat untuk bisa melakukannya. Jadi, ya setuju kalau memang itu dilakukan dengan cita-cita dan visi dan misi yang sama untuk Indonesia,” kata Puan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/4/2023). 

Ketua DPR itu mengaku sudah mendengar pernyataan Presiden Jokowi yang mempersilakan para ketua umum (ketum) parpol untuk membentuk sebuah koalisi besar di pesta demokrasi nanti. 

"Saya nonton di TV Pak Jokowi menyatakan bahwa silakan para ketum parpol yang kemudian menjalankan (koalisi besar) hal tersebut, Presiden akan menjadi pendengar, gitu yang saya nonton di TV pernyataan dari Presiden,” ujarnya. 

Selain itu, Puan menyebut partai berlambang kepala banteng moncong putih itu akan mendukung apabila memiliki tujuan yang baik bagi rakyat dan negara.

"Yang terbaik untuk bangsa dan negara, yang terbaik untuk rakyat PDI Perjuangan pasti akan mendukung hal tersebut," katanya.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU