> >

Demokrat: Kami Tak Jodohkan AHY dengan Anies untuk Jadi Pasangan Capres-Cawapres

Rumah pemilu | 2 Maret 2023, 18:41 WIB
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan setelah menyampaikan pidato di kantor DPP Partai Demokrat di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA)

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (jubir) DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan, pihaknya tak sedang berupaya untuk menjodohkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan Anies Baswedan agar menjadi pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Menurut dia, Anies sering terlihat bersama AHY karena Demokrat merupakan salah satu partai pengusung mantan gubernur DKI Jakarta tersebut sebagai capres dalam pesta demokrasi nanti.

"Sebenarnya bukan upaya menjodohkan, tapi bagaimanapun kami kan partai yang mengusung Mas Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Demokrat. Nah kebersamaan ini, Mas AHY adalah ketua umum, ya wajar saja kalau kemudian sering bersama," kata Herzaky di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga: Diusung Demokrat Jadi Capres, Anies Puji SBY

Selain itu, kata dia, keduanya memang sudah menjalin komunikasi dan bersahabat sejak lama, bahkan sebelum Anies dideklarasikan sebagai capres. 

"Yang kedua, beliau berdua ini kan emang akrab sebenarnya. Sejak lama, selaras dan sejalan dalam pemikiran gitu." 

"Sering bertukar pikiran, sering berdiskusi dan gagasan mengenai berbagai hal terkait dengan isu kebangsaan dan kerakyatan," katanya. 

Ia menambahkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Anies ihwal sosok yang akan dipilihnya untuk menjadi pendamping dalam Pilpres 2024. 

"Kami memberikan mandat kepada Mas Anies sebagai capres dari Partai Demokrat. Yang kedua adalah menyerahkan kepada Mas Anies untuk menentukan siapa cawapres," ujarnya. 

Sebelumnya, AHY mengatakan, majelis tinggi Partai Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), resmi memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU