> >

Survei Litbang Kompas Sebut Ganjar Potensial Capres, PDIP: Kalau Sudah Diumumkan Kita Perjuangkan

Rumah pemilu | 22 Februari 2023, 21:06 WIB
Survei Litbang Kompas elektabilitas Capres 2024 memunculkan empat nama kandidat tertinggi, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Litbang Kompas ungkap elektabilitas Capres 2024 memunculkan empat nama kandidat tertinggi.

Mereka yakni Ganjar Pranowo (25,3 persen), Prabowo Subianto (18,1 persen), Anies Baswedan (13,1 persen) dan Ridwan Kamil (8,4 persen).

Peneliti Litbang Kompas Eren Marsyukrilla menilai dinamika politik saat ini membuat keempat nama tersebut mendapat respons positif dari pemilih.

Semisal nama Anies Baswedan yang sudah dideklarasikan sebagai capres oleh Partai Nasdem membuat elektabilitasnya meningkat dari survei sebelumnya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, & Anies Baswedan Pimpin Elektabilitas

Kemudian Ridwan Kamil yang masuk ke Partai Golkar membuat wacana Gubernur Jawa Barat itu maju sebagai capres di 2024 semakin menguat. 

"Untuk Ganjar walaupun belum ada aktivitas politik yang dilakukan, tetapi publik sudah menganggap Ganjar cukup potensial menjadi capres di 2024," ujar Eren di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Rabu (22/2/2023).

Di kesempatan yang sama Wasekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo menilai kemunculan Ganjar di posisi pertama dalam survei Capres 2024 adalah fenomena yang biasa.

Menurutnya hal tersebut merupakan gerakan dari para relawan dan pendukung yang menginginkan Ganjar sebagai Capres 2024.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Ridwan Kamil Jadi Capres Alternatif Terpopuler di Pilpres 2024

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU