> >

Survei Litbang Kompas Mengungkap, Mayoritas Pemilih Golkar dan PDIP Belum Aktif di Medsos

Rumah pemilu | 21 Februari 2023, 12:04 WIB
Para perwakilan pimpinan partai politik menerima plakat nomor urut yang diperoleh dalam Pengundian dan Penetapan Nomor Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2024 di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (14/12/2022). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)

JAKARTA, KOMPAS TV - Mayoritas pemilih Partai Golkar dan PDIP tak seperti konstituen PKS yang sudah melek media sosial atau medsos. 

Hal itu berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan pada 25 Januari-4 Februari 2023. 

"Beberapa partai yang konstituennya relatif kurang hadir dalam ranah maya ini adalah Partai Golkar, PPP, PKB, dan PDIP," tulis tim Litbang Kompas yang dikutip dari Kompas.id, Selasa (21/2/2023). 

Bagi Golkar, mungkin membangun strategi kampanye yang kuat di dunia maya belum menjadi urgensi. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: PKS Partai Politik yang Paling Aktif di Media Sosial, Mencapai 57,1 Persen

Pasalnya, tak sampai seperempat dari konstituennya yang menjadikan media sosial sebagai pilihan utama. Sama halnya dengan mereka yang cenderung memilih berita daring sebagai pilihan utama, yakni sebesar 4 persen.

Jika dibandingkan, angka tersebut jauh di bawah jumlah para pemilih Golkar yang lebih suka media tradisional, seperti koran dan TV, di kisaran 64 persen.

Selaras, fenomena serupa dialami PDI-P. Berdasarkan hasil survei, tak sampai sepertiga dari pemilih partai ini yang menjadikan media sosial sebagai pilihan utama. 

Angka tersebut terpaut banyak dengan pemilih PDI-P yang relatif lebih suka menonton TV, yakni 55,8 persen.

Kondisi yang kurang lebih sama ditemukan pada kasus PKB dan PPP, dengan hanya sekitar sepertiga dari konstituennya yang menjadikan media sosial sebagai pilihan media utamanya.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU