> >

Panas Nasdem-Demokrat soal Cawapres Anies, Pengamat Nilai AHY Cocok Fokus ke Pemilu 2029

Rumah pemilu | 12 Januari 2023, 12:22 WIB
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan setelah menyampaikan pidato di kantor DPP Partai Demokrat di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memanasnya tensi Partai Nasdem dan Demokrat soal sosok cawapres Anies Baswedan disebut bisa berpengaruh pada Pemilu 2024. Permasalahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang digadang-gadang menjadi cawapres Anies sengit dibahas.

Peneliti politik The Political Literacy, Muhammad Hanifuddin menilai sebaiknya AHY fokus untuk mengembangkan partai dan memperkuat kapasitas dibandingkan harus mati-matian menjadi cawapres Anies Baswedan pada pemilu 2024 mendatang.

"Sebagai tokoh muda, AHY lebih baik banyak belajar dahulu," kata Muhammad Hanifuddin kepada KOMPAS.TV, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Respons PDIP soal Capres Harus dari Kader, Nasdem: Anies Bukan Orang Asing

Hanif lantas menyebut, AHY bisa mencoba untuk ikut di pemerintahan atau mengembangkan partai Demokrat agar tetap kuat. 

Tapi, untuk pemilu 2024, katanya ada baiknya harus dipikirkan ulang soal menduetkan Anies-AHY. 

 

"Semisal fokus meningkatkan kinerja Partai Demokrat. Begitu juga, mencoba untuk menjadi bagian dari kekuasaan, semisal menjabat menteri," ujarnya. 

"Jika hal ini dapat dibuktikan secara baik, maka momentum yang tepat untuk kontestasi pilpres adalah tahun 2029, bukan 2024," ujarnya. 

Baca Juga: NasDem: Kalau Demokrat Paksakan AHY Jadi Cawapres Anies, Koalisi Pasti Bubar

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU