> >

Pakar Psikologi Forensik Harap Penculik MA Melawan saat Ditangkap, agar Polisi Bisa Tembus Kepalanya

Kriminal | 3 Januari 2023, 19:55 WIB
Terduga pelaku penculikan Malika Anastasya, Senin (2/1/2023). Psikolog forensik Reza Indragiri, berharap penculik Malika (6) melawan saat akan ditangkap, agar polisi memiliki alasan untuk menembus kepala pelaku. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Psikolog forensik Reza Indragiri, berharap penculik Malika (6) melawan saat akan ditangkap, agar polisi memiliki alasan untuk menembus kepala pelaku dengan peluru.

Hal itu disampaikan Reza untuk mempresentasikan perasaan marah, sedih, sekaligus ketakutannya terhadap perbuatan pelaku yang merupakan residivis kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

“Tapi sesungguhnya, dari hati yang paling jujur, saya sempat berharap bahwa pelaku itu sempat melakukan perlawanan terhadap otoritas penegakan hukum,” kata dia dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (3/1/2023).

“Karena saya bayangkan perlawanan macam itulah yang akan memberikan alasan bagi polisi untuk menembus kepala si pelaku.”

Baca Juga: Ini Lokasi Malika Ditemukan saat Mengumpulkan Barang Bekas di Dalam Gerobak Milik Pelaku!

Seusai menyampaikan hal itu, Reza meminta maaf karena ia menilai kalimatnya cukup vulgar.

“Maaf, kalimat saya memang vulgar, tapi ini merepresentasikan rasa sedih, rasa marah, sekaligus rasa ketakutan yang luar biasa berhadapan dengan pelaku yang notabene residivis semacam ini.”

Selanjutnya, Reza mengajak semua pihak untuk membangun optimisme, bahwa proses penegakan hukum terhadap kasus ini menggunakan pasal-pasal pada Undang-Undang Perlindungan Anak.

“Bahwa proses penegakan hukum berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Anak menjadi acuan tunggal di saat kita menangani perbuatan si pelaku ini.”

“Sekali lagi, di ruang publik saya ingin mengajak kita semua untuk memastikan proses penangann terhadap pelaku menggunakan Undang-Undang Perlindungan Anak,” tegasnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU