> >

Survei Voxpol: Responden yang Puas dengan Jokowi Cenderung Pilih Ganjar dan yang Tidak, Pilih Anies

Politik | 24 Desember 2022, 11:40 WIB
Jokowi bersama Ganjar Pranowo. Hasil survei Voxpol Center Research and Consulting menyebut mayoritas masyarakat yang puas dengan kinerja Jokowi akan memilih Ganjar Pranowo sebagai capres. (Sumber: Pemprov Jateng)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hasil survei Voxpol Center Research and Consulting menemukan masyarakat yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi), cenderung memilih Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebaliknya, masyarakat yang tak puas dengan kinerja Jokowi, cenderung mengatakan akan memilih Anies Baswedan.

Selain Anies, masyarakat yang tak puas dengan kinerja Jokowi juga cenderung akan memilih Prabowo Subianto.

Survei terbaru Voxpol Center Research and Consulting tersebut berkaitan dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan isu politik terkini.

Pemilih Ganjar yang mengaku 'sangat puas' dengan kinerja Jokowi sebesar 41,5 persen dan yang mengatakan 'puas' sebesar 30,4 persen.

Sementara pemilih Anies yang mengaku 'tidak puas' dengan kinerja Jokowi sebesar 35,2 persen dan 'sangat tidak puas' sebesar 43,5 persen.

Baca Juga: Bersikeras Cak Imin Jadi Capres atau Cawapres, PKB Isyaratkan Hengkang jika Gerindra Usung Ganjar

"Artinya dari data, berdasarkan capres, yang paling puas (dengan kerja Jokowi) itu pemilih ke Ganjar, yang paling tidak puas pemilih Pak Anies, itu data begitu," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago di Cipta Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

"Pemilih yang puas dengan kinerja pemerintah cenderung untuk memilih Ganjar. Sementara yang tidak puas, cenderung memilih Anies."

Temuan lain dari survei tersebut adalah sebanyak 53,5 persen publik tak setuju dengan anggapan bahwa capres Indonesia harus orang Jawa.

Sementara 38,3 persen menjawab setuju dan 8,2 persen menjawab tidak tahu.

“Mayoritas publik atau 53,5 persen tidak setuju dengan pendapat yang menyatakan calon presiden Indonesia harus orang Jawa," kata Pangi.

Mayoritas responden juga berharap agar Pilpres 2024 diikuti oleh dua pasang kandidat calon presiden dan calon wakil presiden.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : KOMPAS TV/Tribunnews.com


TERBARU