> >

Jokowi Bicara soal Capres dari PDIP: Kandidatnya Juga Belum Diputuskan

Rumah pemilu | 10 Oktober 2022, 15:18 WIB
Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batu Tulis, Bogor, Sabtu (8/10/2022). (Sumber: PDI Perjuangan)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan kandidat bakal calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Jokowi untuk menjawab pertanyaan wartawan seusai melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Wartawan menanyakan, apakah pertemuannya dengan Megawati Soekarnoputri di Batu Tulis, Bogor pada Sabtu (8/10/2022) lalu sebagai bentuk dukungan untuk Puan Maharani sebagai capres PDIP.

“Tanya Bu Mega, wong kandidatnya juga belum diputuskan,” jawab Jokowi, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Cindy Permadi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menjelaskan, dirinya telah bertemu dengan sejumlah ketua partai politik dalam rangka menjaga stabilitas.

Baca Juga: Pesan Jokowi untuk Heru Pimpin DKI Jakarta: Atasi Banjir dan Macet dengan Signifikan

“Utamanya dalam rangka menjaga stabilitas politik, karena situasi ekonomi global yang tidak jelas, yang tidak pasti, yang sulit ditebak, sulit diprediksi, sulit dihitung, sulit dikalkulasikan,” tuturnya.

Menurutnya, stabilitas politik dan keamanan itu merupakan hal yang sangat penting pada saat ini.

“Jangan sampai kita mau menjelang pemilu padahal ada persoalan besar dalam ekonomi global, terganggu ekonomi kita.”

“Itu yang kita tidak kehendaki, sehingga saya intens berbicara dengan ketua-ketua partai untuk itu, termasuk juga untuk 2024 lah, kita tidak mungkin tutupi itu,” jelasnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU