> >

PAN Akui Lirik Anies, Prabowo, dan Ganjar untuk Diusung di Pilpres 2024

Politik | 6 Mei 2022, 10:23 WIB
Tiga nama yang kerap muncul dalam survei calon presiden 2024 seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus mengatakan, pihaknya melirik tiga tokoh nasional yang elektabilitasnya dalam survei berada di peringkat teratas untuk diusung menjadi capres dalam gelaran Pilpres 2024.

Ia menjelaskan, pihaknya mempertimbangkan untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.   

"PAN terbuka bagi kandidat siapa pun yang potensial sebagai pemimpin dalam gelaran Pemilu 2024. Nanti secara alamiah masyarakat yang menentukan dan memilih yang layak menjadi capres dan cawapres," kata Guspardi kepada wartawan, Jumat (6/5/2022). 

Baca Juga: Prabowo Subianto Lanjutkan Safari Politiknya ke Jawa Tengah

Ia menyebut, PAN akan melakukan dua hal dalam menentukan tokoh yang diusung menjadi capres dan cawapres. 

Pertama, PAN akan melakukan kajian dan pendalaman terhadap tokoh-tokoh yang ada mulai dari visi-misinya, rekam jejaknya, kapasitas, dan Integritasnya.

"Kedua, PAN juga akan mendengarkan dan memperhatikan aspirasi masyarakat. Kira-kira keinginan masyarakat pemimpin Indonesia ke depannya seperti apa dan siapa yang cocok untuk itu," ujarnya.

Menurut dia, perpaduan antara hasil kajian internal dan keinginan masyarakat menjadi pertimbangan PAN dalam memilih dan menetapkan tokoh yang paling ideal untuk diusung menjadi capres dan cawapres pada Pemilu 2024 mendatang.

"Oleh karenanya, PAN tidak mau tergesa-gesa, kita terbuka untuk semua bakal calon yang ada dan pada akhirnya pimpinan PAN yang memutuskan paslon capres-cawapres yang diusung." 

Baca Juga: Silaturahmi Lebaran, Prabowo Subianto Puji Kinerja Khofifah

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU