> >

Anggota Komisi IX: Indonesia Bisa Masuk Masa Endemi Kurang dari 6 Bulan Lagi

Politik | 28 April 2022, 09:37 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim (Sumber: Dokumen pribadi)

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim menyebut, pandemi Covid-19 di Indonesia kini terus menunjukkan tren yang positif. Oleh sebab itu, dirinya meyakini kalau Indonesia bisa memasuki masa endemi kurang dari enam bulan ke depan. 

Ia menjelaskan, salah satu indikator yang membuat Indonesia akan memasuki fase endemi ialah tingginya angka vaksimasi di berbagai wilayah Tanah Air. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Transisi Pandemi ke Endemi Masih 6 Bulan Lagi, Waspada Penularan Covid-19 saat Lebaran

"Capaian vaksinasi juga cukup bagus. Semua itu karena prinsip gotong royong yang melibatkan pemerintah, masyarakat, TNI, Polri, Parpol dan Ormas.  Dengan fakta-fakta di atas, menurut saya, bisa saja kuranh dari enam bulan ke depan kita akan memasuki tahap endemi," kata Luqman kepada KOMPAS TV, Kamis (28/4/2022). 

Politikus PKB itu menyebut, koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah pun terus membaik dalam penanganan wabah virus corona. 

Selain itu, masyarakat Indonesia juga amat patuh dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

"Sejak awal pandemi, pemerintah (pusat dan daerah) sangat serius melakukan pengendalian covid-19. Mayoritas masyarakat memiliki kesadaran dan patuh terhadap berbagai aturan pengendalian pandemi," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjalankan prokes secara ketat meskipun angka penularan Covid-19 turun.

Sebab, masa transisi dari situasi Pandemi Covid-19 ke endemi masih ada sekitar 6 bulan lagi.

Demikian Presiden Jokowi dalam keterangan pers seusai meninjau proyek pembangunan sirkuit formula E Ancol, 25 April 2022.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU