> >

Cegah Kepadatan Pemudik di Rest Area, Menhub Minta Jumlah Toilet Ditambah

Peristiwa | 15 April 2022, 12:52 WIB
Ketua Umum Aprestindo Widie Wahyu (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta jumlah toilet yang berada di tempat-tempat istirahat atau rest area di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek ditambah menjelang arus mudik Lebaran 2022.

Hal ini disampaikan Budi usai mendengar penjelasan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia (Aprestindo) Widie Wahyu terkait kesiapan rest area tol Jakarta-Cikampek Km 57.

Widie menuturkan, menjelang arus mudik Lebaran 2022, rest area di Km 57 tersebut sudah mempersiapakan skema pengaturan area parkir khusus pemudik.

Selain itu, sejumlah posko, baik pelayanan maupun posko tambahan ekstra makanan, juga akan disediakan.

"Kemarin kita sudah mengimbau teman-teman di rest area untuk mengalihfungsikan fasilitas mobil besar untuk mobil kecil. Kita juga siapkan posko-posko makanan dan minuman agar kepadatan bisa terurai," kata Widie seperti disiarkan Breaking News Kompas TV, Jumat (15/4/2022). 

Kemudian, kata dia, pihaknya telah menyiapkan bengkel siaga, dari Toyota, Daihatsu, Wuling, Astra Grup, dan Honda.

Tak hanya itu, rambu informasi lokasi rest area untuk mengantisipasi jika perlu dilakukan contra flow atau one way pada jalan tol, juga telah disiapkan.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Menhub dan Kakorlantas Polri Tinjau Tol Jakarta-Cikampek

Setelah mendengarkan penjelasan Ketua Aprestindo, Menhub kemudian menanyakan ketersediaan toilet di rest area jalan tol Jakarta-Cikampek KM 57. 

"Toilet tambah berapa?" tanya Budi.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU