> >

Presiden Lantik Anggota KPU dan Bawaslu 12 April, Mahfud MD: Ini Bukti Pemerintah Fokus Pemilu 2024

Politik | 9 April 2022, 20:52 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD. Pelantikan anggota KPU dan Bawaslu oleh Presiden Jokowi 12 April mendatang menandakan pemerintah tidak berkeinginan menunda Pemilu 2024. (Sumber: Media Menkopolhukam)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo bakal melantik anggota KPU dan Bawaslu terpilih pada 12 April 2022 mendatang.

Menkopolhukam Mahfud MD menjelaskan jadwal pelantikan anggota KPU dan Bawaslu sudah ditetapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara pada 12 April 2022.

Pelantikan anggota KPU dan Bawaslu ini juga menandakan pemerintah tidak berkeinginan menunda pemilu dan terus fokus menyiapkan Pemilu 2024.

Baca Juga: Wantimpres Tegaskan Penundaan Pemilu hingga Presiden 3 Periode Tidak Dapat Diimplementasikan

"Ini merupakan bukti bahwa pemerintah memang fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 bersama dengan KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu," ujar Mahfud dalam keterangan video yang diterima redaksi, Sabtu (9/4/2022).

Mahfud menambahkan, pemerintah tidak akan melakukan intervensi dan tetap menyiapkan pemilu 2024 sesuai dengan konstitusi dan undang-undang. 

Pemerintah juga mendorong KPU dan Bawaslu bekerja menyiapkan pemilu sesuai dengan ketentuan konstitusi dan Undang-Undang Pemilu.

Di sisi lain pemerintah tidak menghambat wacana politik yang muncul di tengah masyarakat dengan segala pro dan kontranya. 

Baca Juga: Tak Gentar dengan Isu Penundaan, KPU Tetap Siapkan Pemilu 2021, Ini yang Sudah Dilakukan

"Karena kebebasan seperti itulah dulu yang kita perjuangkan, bahwa aspirasi politik di masyarakat harus dibuka salurannya, kemudian lembaga-lembaga politik bisa mengambil keputusan sesuai dengan aspirasi masyarakat," ujar Mahfud.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU