> >

Politikus PAN: Pertemuan Cak Imin dengan Komisioner KPU Terpilih Bikin Gaduh

Politik | 15 Maret 2022, 09:51 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) lantaran menolak karantina usai tiba dari luar negeri. (Sumber: Dok. Humas DPR RI)

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menilai pertemuan calon komisioner KPU terpilih dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membuat gaduh dunia politik Indonesia. 

Politikus PAN itu mengimbau agar para penyelenggara KPU dan Cak Imin untuk lebih bijak, sehingga tak lagi melaksanakan pertemuan seperti itu kembali.

Baca Juga: Bantah Bahas Penundaan Pemilu dengan Cak Imin, KPU: Audiensi Perkenalan dengan Semua Pimpinan DPR

"Sebagai pemimpin tentu kita ini disorot oleh berbagai masyarakat, apalagi terkait dengan statement yang dikeluarkan yang menimbulkan perdebatan, ini tentu akan memperkeruh suasana yang tidak kondusif, walaupun dia tak ngomong apa-apa misalkan, kita kan enggak tahu apa yang dibicarakan," kata Guspardi kepada Kompas TV, Selasa (15/3/2022). 

Menurut dia, calon komisioner KPU terpilih itu belum resmi menjalankan tugas barunya sebagai penyelenggara pesta demokrasi karena Presiden Jokowi belum melantiknya.

"Tentu orang akan curiga terhadap pertemuan yang digelar itu, walaupun dia tidak bicara apa-apa, karena ada korelasinya antara statement pertama dengan para komisioner yang penyelenggara tentu akan menimbulkan prasangka, akan menimbulkan praduga, macam-macam interpretasi," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Cak Imin seharusnya sebagai pimpinan DPR dan partai politik semestinya memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Sebab, dengan adanya pertemuan itu menimbulkan curiga di publik.

"Harusnya sebagai tokoh yang semacam itu harus dihindari, bukan malah menampilkan, itu kan kurang elok, bagaimanapun tentu akan berpengaruh ke lembaga DPR, sebagai pimpinan dewan tentu kita berharap, mengimbau kepada Cak Imin, karena statement yang beliau sampaikan memunculkan sorotan tentu harus sangat hati-hati lah," kata dia.

Sebelumnya, KPU membantah pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, membahas usulan penundaan Pemilu 2024.

Baca Juga: Pengamat: Pertemuan Cak Imin dengan KPU-Bawaslu Memalukan, Beri Efek Negatif Penyelenggara Pemilu

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU