> >

Libur Isra Miraj Tidak Digeser, Berikut Daftar 15 Libur Nasional Tahun 2022

Peristiwa | 26 Februari 2022, 09:19 WIB
Ilustrasi kalender. Tahun ini Isra Miraj tertanggal 28 Februari 2022 dan masuk hari senin, Artinya longweekend. Lantas, apakah libur? Berikut aturan Hari Libur Nasional 2022 (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada bulan Februari terdapat Hari Libur Nasional memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari Senin 28 Februari 2022. 

Pemerintah sendiri tidak menggeser Isra Miraj 2022 tahun ini meskipun libur Nasional kali ini berada di awal pekan atau Long Weekend.

Lantas, apa saja libur nasional sepanjang 2022 ini?

Libur Nasional sendiri sudah diatur dalam Surat Keputusan bersma (SKB) Tiga Menteri bernomor 963/2022 tentang hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2022.

SKB itu ditandangani oleh Menteri Agama Yaqut C. Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menko Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformas Birokrasi Tjahyo Kumulo.

Dalam SKB itu tertuliskan soal daftar libur nasional. Total sepanjang tahun 2022 ini ada 15 hari yang ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional.

Baca Juga: Libur Isra Miraj Senin 28 Februari 2022 Long Weekend Digeser atau Tidak? Begini Jawaban Kemenag

Pemerintah Pernah Geser Libur Hari Libur Nasional

Pemerintah sendiri di masa pandemi Covid-19 seperti ini pernah menggeser hari libur nasional yang beririsan dengan momen agama.

Pada Oktober lalu sebagai contoh, pemerintah mengeser tanggal merah Maulid Nabi Muhammad yang harusnya 19 Oktober menjadi 22 Oktober.

Alasan pemerintah saat itu adalah untuk antisipasi pandemi, mengurangi pergerakan masyarakat saat pandemi.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU