> >

Wawancara Gus Yahya (Bag-2): Dalam 5 Tahun, Insya Allah NU Bisa Transformasi

Wawancara | 20 Desember 2021, 15:47 WIB
Gus Yahya maju sebagai ketua PBNU di Muktamar ke-34 Lampung. Kompas TV wawancara eksklusif bersama beliau dan bicara soal gagasan masa depan NU (Sumber: NU Online)

JAKARTA, KOMPAS.TV - KH Yahya Cholil Staquf atau biasa disapa Gus Yahya mengatakan, transformasi dalam tubuh organisasi NU bisa jadi dalam kurun waktu 1 periode masa jabatan.

Artinya, dalam 5 tahun ketika ia nanti, jika   terpilih jadi ketua PBNU dalam gelaran Muktamar yang digelar di Lampung 22-23 Desember mendatang, ia akan bekerja keras dan mendayagunakan seluruh potensi di NU untuk senantiasa gerak bersama dan inheren untuk umat.

Dalam obrolan sebelumnya juga dijelaskan gagasan dia tentang amanat Khittah NU sebagai pedoman berpolitik.

Lalu bagaimana transformasi di tubuh ormas nahdliyin ini dilakukan? Berikut petikan wawancaranya:

Baca Juga: Gus Yahya Setuju Dicalonkan Ketum PBNU, Begini Profilnya yang Gemar Safari ke Tokoh Agama Dunia

Bagaimana konsep reorganisasi dan konsolidasi NU jika terpilih jadi ketua PBNU di Muktamar nanti?

Konsep itu menjadikan NU koheren. Artinya, menjadikan seluruh elemen dalam tubuh NU bergerak dalam satu oskestrasi, bergerak bersama dalam satu tujuan bersama. Selama ini yang terjadi adalah sebaliknya.

Elemen-eleman di NU secara organisasi bergerak di pelbagai level, mulai dari soal kemanusiaan dan keumatan. Tapi kerap tidak terhubung satu dengan yang lain. Untuk itulah, perlu ada konsolidasi. Posisi PBNU nantinya sebagai dirijen dalam orkestrasi itu.

Konsep ini bisa dilakukan, asalkan ada komitmen. Aspirasi di bawah (cabang maupun warga Nahdlihyin-red) sudah begitu kuat mengingingkan konsolidasi bersama. Sekarang tinggal komintmen kepemimpinan. Dan, tentu saja nanti pilihan strategi yang tepat.

Salah satu strateginya adalah dengan PBNU menjalin kerja sama dengan pelbagai pihak untuk membangun agenda nasional. Nanti hasilnya akan di-breakdown, dijalankan bersama di grassroot oleh cabang-cabang.

Baca Juga: Wawancara Gus Yahya (Bag-1): Khittah NU Mengharuskan PBNU Tidak Berpolitik Praktis

Nah, karena yang melaksanakan program adalah cabang, maka PBNU wajib untuk mendampingi, mengadvokasi dan mempertanggungjawabkan program.  

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU