> >

Kapolri Listyo Sigit: Sinergitas TNI-Polri Kunci Hadapi Segala Ancaman yang Masuk Indonesia

Peristiwa | 5 Oktober 2021, 11:59 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan potongan kue kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam rangka HUT TNI ke 76 di Subden Merdeka Barat Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (5/10/2021). (Sumber: (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri))

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sinergitas TNI-Polri merupakan kunci untuk menghadapi segala bentuk tantangan dan ancaman yang masuk ke Indonesia.

"Solidaritas dan sinergitas TNI-Polri mutlak diperlukan sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks," kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Kasal Pimpin Ziarah di Lima Taman Makam Pahlawan Jelang HUT TNI ke-76

Jenderal bintang empat itu menyebutkan salah satu soliditas dan sinergitas TNI-Polri yakni menjadi pilar utama dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan negara-negara belahan dunia.

TNI bersama Polri, kata Listyo Sigit, bersinergi mengendalikan Covid-19 mulai dari penegakan protokol kesehatan 3M, penguatan testing, tracing, dan treatment (3T) hingga akselerasi vaksinasi Covid-19.

Peran TNI-Polri dalam akselerasi vaksinasi ini telah membuat Indonesia berada di peringkat kelima dunia dalam capaian vaksinasi berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga: Jokowi Beri Anugerah Tanda Kehormatan untuk Prajurit 3 Matra di HUT ke-76 TNI

Tercatat, hingga 4 Oktober 2021 sudah 94 juta orang yang divaksinasi dosis pertama. Posisi ini melebihi jumlah vaksinasi Jepang sekitar 80 juta orang.

Sementara untuk jumlah dosis yang digunakan, Indonesia berada di peringkat keenam dunia. Tercatat Indonesia telah menyuntikkan sebanyak 148 juta dosis vaksin Covid-19.

"Pada situasi pandemi saat ini, TNI bersama Polri merupakan salah satu pilar utama dalam berbagai upaya pengendalian Covid-19 mulai penegakan protokol kesehatan 3M, penguatan 3T, maupun akselerasi vaksinasi," ujar mantan Kapolda Banten.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Berharap Sebelum 9 November Sudah Ada Nama Panglima TNI yang Baru

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU