> >

Menkes Sebut Penyuntikan Vaksin Ketiga untuk Tenaga Kesehatan Dimulai Minggu Ini

Update | 13 Juli 2021, 13:13 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tampak melihat kondisi di tempat perawat saat menyambangi Rumah Sakit (RS) Fatmawati Jakarta, Minggu (11/7/2021). Menkes mendatangi rumah sakit itu untuk menyemangati pasien Covid-19 yang tengah dirawat dan juga para tenaga kesehatan (nakes). (Sumber: Dok. Kementerian Kesehatan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes) akan dimulai pekan ini.

"Kita sudah keluarkan policy, rencananya mulai minggu ini kita akan berikan suntikan ketiga booster, tapi ini hanya untuk para nakes," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (13/7/2021).

Budi mengatakan vaksinasi dosis ketiga tenaga kesehatan akan menggunakan vaksin Moderna dan diharapkan bisa memproteksi diri dari penularan Covid-19.

Keputusan tersebut diambil karena pihak Kemenkes mendapati banyak tenaga kesehatan terpapar Covid-19. Padahal, dalam kondisi bersamaan kebutuhan perawat mencapai 16-20 ribu orang.

Kebutuhan itu tersebar di tujuh provinsi; meliputi Bali, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga: Plus Minus Vaksin Moderna: Efikasi hingga 94,1 Persen dan Mampu Lawan Varian Baru Covid-19

Sebelumnya, pemerintah Indonesia menerima sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (11/7/2021).

Vaksin tersebut akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster.

Rencananya, kata Budi, vaksin tersebut selain digunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, secara khusus akan digunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” tegas Budi.

Penulis : Hedi Basri Editor : Purwanto

Sumber : KOMPASTV


TERBARU