> >

Lawan Varian Delta, Menkes Sebut Jokowi Ingin Vaksinasi Dapat Dipercepat hingga 5 Juta per Hari

Kesehatan | 6 Juli 2021, 13:28 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia. 

Menurut penuturannya, Jokowi ingin vaksinasi Covid-19 dilakukan dalam waktu dekat dengan jumlah 5 juta suntikan per hari. 

"Presiden mengharapkan agar 1 juta vaksinasi pada Juli ini bisa terus dicapai. Beliau mengatakan, pada Agustus target vaksinasi harus mencapai 2 juta perhari, kalau perlu dinaikan sampai 5 juta," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/7/2021). 

Sementara terkait pasokan vaksin Covid-19, Budi memastikan akan tercukupi. Pada Juli 2021 dia menuturkan Indonesia akan kedatangan 31 juta dosis vaksin. 

Sehingga dengan adanya ketersediaan vaksin tersebut, dia memperkirakan target 1 juta suntikan per hari di Juli dapat dicapai.

Baca Juga: Studi Terbaru: Varian Delta, 8 Kali Kurang Sensitif terhadap Antibodi Vaksin Covid-19

Lebih lanjut, Budi juga mengungkapkan pada Agustus 2021 Indonesia akan menerima 45 juta dosis vaksin Covid-19. 

 "Sehingga kita bisa menaikkan bisa 2 juta (dosis) per hari," ujarnya. 

Budi menyampaikan percepatan vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 yang masih tinggi. Terlebih terdapat varian Delta yang penularannya semakin cepat. 

"Kami juga sudah antisipasi karena varian Delta ini naik cepat, di mana kira-kira provinsi lain kemungkinan ada lonjakan lagi," jelasnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU