> >

Mau Rapid Test Antigen untuk Keluar Masuk Jakarta? Cek Harga dan Lokasinya Di Sini

Kesehatan | 18 Desember 2020, 20:26 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menggelar rapid test untuk para sopir bus dan kondektur. (Sumber: Dok Korlantas.)


JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan warga yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum keluar masuk Jakarta untuk menunjukkan hasil rapid test antigen. Kebijakan ini berlaku terhitung tanggal 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 untuk mengantisipasi masifnya mobilitas masyarakat pada periode libur Natal dan tahun baru. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, masyarakat yang keluar masuk DKI Jakarta menggunakan kendaraan pribadi akan dites rapid antigen secara acak. Menurutnya,  pengecekan secara acak untuk jalur darat dilakukan karena tidak memungkinkan untuk dilakukan secara keseluruhan. 

"Nanti secara random, ini sedang diatur teknisnya," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (17/12/2020). 

Baca Juga: Rapid Test Gratis Untuk Perempuan di Palu

Adapun teknis pelaksanaan dan titik-titik lokasi pemeriksaan rapid test antigen secara acak masih menunggu regulasi Kementerian Perhubungan untuk disesuaikan. "Terkait perjalanan darat, dari luar kota ke Bandung dan sebagainya, itu nanti kami sedang koordinasi dengan Kementerian Perhubungan," imbuhnya.


Sebelumnya, masyarakat dapat keluar masuk Jakarta hanya dengan memperlihatkan hasil rapid test antibodi, yang cenderung lebih murah dibanding antigen. 

Namun, konsekuensinya, tingkat akurasi tes antibodi tersebut juga lebih rendah ketimbang tes antigen. Prosedur rapid test antigen dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung. Adapun pada rapid test antibodi, sampel yang diambil adalah darah. 

Karena menawarkan akurasi yang lebih tinggi dan proses pemeriksaan yang lebih rumit, biaya rapid test antigen lebih mahal. 

berikut rangkuman daftar 10 rumah sakit dan klinik penyedia layanan rapid test di Jabodetabek beserta biayanya: 

Baca Juga: Catat! Keluar-Masuk Jakarta Kini Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen

1. Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat. Laboratorium ini mengaku mampu memeriksa hingga 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap hari. Biaya rapid test antigen di Helix Lab mencapai Rp 350.000. Selain rapid test antigen, Helix Lab juga melayani tes usap atau PCR dengan tarif Rp 800.000. Sedangkan biaya rapid test antibodi berkisar di angka Rp 95.000. 

2. Omni Hospital Jaringan Omni Hospital melayani rapid test antigen untuk deteksi virus Corona. Dikutip dari Alodoc, biaya rapid test antigen di Omni Hospital adalah Rp 575.000. Adapun jaringan Omni Hospital yang melayani test swab antigen adalah Omni Hospital Alam Sutera, Tangerang Selatan; Omni Hospital Pulomas, Jakarta Timur; Omni Hospital Cikarang, Bekasi, Jawa Barat; dan Omni Hospital Pekayon, Bekasi Selatan. Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan rapid test antigen harus membuat perjanjian satu hari sebelumnya. 

3. Klinik Tridatama 

Klinik Tridatama berada di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Klinik ini menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp 349.000. Rapid test antigen di sini bisa dilakukan secara drive-thru, seperti dilansir Kontan.co.id.

Baca Juga: Catat! Ini Jam Operasional Fasilitas Tes PCR dan Rapid Test Antigen di Bandara Soekarno-Hatta

4. Poliklinik Cellscience

Poliklinik Cellscience menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp 420.000. Lokasi Poliklinik Cellscience antara lain di:

Penulis : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU