> >

Beredar Pre Order Vaksin, Bio Farma Mengimbau Tunggu Pengumuman Resmi

Kesehatan | 13 Desember 2020, 10:48 WIB
Pengangkutan Vaksin Covid-19, Sinovac, ke Bio Farma Bandung (Sumber: Muchlis Jr - Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 tahap pertama dari Sinovac pada 6 Desember 2020 lalu, menarik perhatian masyarakat. Bahkan sudah mulai ramai pre order vaksin di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang disebarkan melalui media sosial. 
 
Bio Farma angkat bicara terkait pre-order vaksinasi Covid-19 yang beredar di media sosial tersebut.  Menurut juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto, saat ini selagi  proses evaluasi izin penggunaan dari Badan POM Pemerintah sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Terkait  di lapangan mulai beredar iklan atau promo mengenai pre-order vaksinasi Covid-19 jalur mandiri dari beberapa Fasilitas Kesehatan, Bambang menegaskan, pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan vaksinasi Covid-19 baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun kebutuhan mandiri. 

Baca Juga: Alasan PT Bio Farma Memilih Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Sedangkan Bio Farma belum melaksanakan sistem pelayanan pre-order untuk vaksinasi Covid-19 jalur mandiri dalam bentuk apa pun, baik untuk keperluan fasilitas kesehatan maupun untuk perorangan. “Saat ini, Bio Farma masih mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk pemesanan pre-order vaksinasi Covid-19 khususnya untuk jalur mandiri, dan hingga saat ini, belum ada ketentuan maupun pengaturan teknis dari pemerintah terkait hal tersebut,” kata  Bambang Heriyanto dalam keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020).

Hal terpenting, vaksinasi Covid-19 tetap menunggu izin penggunaan dari Badan POM. Mengenai penyediaan layanan vaksinasi Covid-19 seperti rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, masih dilakukan proses pendaftaran dan verifikasi, untuk jalur mandiri, melalui asosiasi–asosiasi resmi. 

Baca Juga: Vaksin Corona Dilengkapi QR Code, Erick Thohir: agar Tak Diselewengkan

Mengenai adanya inisiatif, dan kebutuhan untuk mempersiapkan dari awal masyarakat yang berminat vaksinasi, Bio Farma mengimbau penyedia layanan kesehatan untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemesanan Pre-Order vaksinasi Covid-19 jalur mandiri. “Untuk keterangan lebih lanjut, silakan untuk menghubungi email resmi Bio Farma, mail@biofarma.co.id,” pungkas dia.

Penulis : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU