> >

Sejarah Hari Santri 2024, Mengapa Diperingati Setiap 22 Oktober?

Tren | 22 Oktober 2024, 09:32 WIB
Santri mengikuti pawai Hari Santri Nasional di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (22/10/2022). (Sumber: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 diperingati hari ini, Selasa (22/10/2024) dengan tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan".

Saat malam puncak Hari Santri 2024, Senin (21/10/2024), Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar berpesan tentang pentingnya menjadi pribadi yang kuat dan dapat dipercaya.

“Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau pekerjakan adalah orang yang kuat lagi dapat dipercaya," ujar Menag di Jakarta, Senin (21/10/2024), mengutip firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Qashash ayat 26. Ayat ini berkisah tentang Nabi Musa yang dinilai memiliki kepribadian yang jujur, dapat dipercaya, dan kuat tenaganya.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Santri 2024 NU hingga Kemenag, Berikut Lirik Lagu Mars HSN

Di mata Menag, santri adalah pribadi yang hebat dan kuat. Salah satu buktinya adalah resolusi jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asyari hingga menggerakkan santri pesantren dan warga bangsa untuk berjihad dan berjuang membela bangsa dari ancaman penjajah.

"Jihad melawan penjajah adalah fardu ain. Anak kecil sampai nenek-nenek wajib hukumnya membela tanah air ini. Dengan membaca sejarah saat itu, pengaruh pondok pesantren penting bagi kita semua," sebutnya, dikutip dari laman kemenag.go.id.

Karena saat ini bukan zaman perang, Menag mendorong para santri untuk berjihad dengan mengembangkan bakat dan talenta. Menurutnya, para santri itu multitalenta. Karena itu, mereka tidak perlu takut, bahkan untuk memainkan seni. Seniman dan pondok pesantren tidak bisa dipisahkan.

Sejarah Hari Santri yang Diperingati 22 Oktober

Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Sejarah lahirnya Hari Santri Nasional tidak lepas dari peran masyarakat pesantren yang ingin meneladani golongan santri yang turut berjuang menegakkan kemerdekaan Indonesia.

Hari Santri awalnya diusulkan oleh santri dari Pondok Pesantren Babussalam yang terletak di Malang, Jawa Timur, pada 27 Juni 2014.

Usulan itu mereka sampaikan kepada Joko Widodo, yang saat itu masih menjadi calon presiden, yang tengah mengadakan kunjungan ke pesantren.

Penulis : Dian Nita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU