> >

5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu Asam Urat Tinggi: Konsumsi Alkohol dan Soda

Kesehatan | 16 Oktober 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi asam urat yang menyebabkan nyeri sendi. (Sumber: ANTARA/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asam urat atau gout adalah kondisi medis yang ditandai dengan penumpukan kristal asam urat di sendi. Hal ini menyebabkan rasa nyeri yang hebat, pembengkakan, dan kemerahan. 

Meskipun asam urat dapat menyerang sendi mana pun, sendi yang paling umum terkena adalah jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan asam urat tinggi, mulai dari konsumsi makanan tinggi purin hingga kebiasaan sepele yang kerap dilakukan sehari-hari.

Berikut kebiasaan sepele yang dapat memicu asam urat tinggi.

Baca Juga: 5 Sayuran Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1. Menggunakan sepatu yang kekecilan

Kebiasaan sepele memicu asam urat yang pertama adalah menggunakan sepatu yang kekecilan atau terasa sempit. Kebiasaan ini dapat memberikan tekanan berlebih pada kaki dan dapat memicu peradangan, termasuk asam urat. 

Selain itu, sepatu yang tidak nyaman dapat menyebabkan stres pada sendi, yang juga berkontribusi pada masalah kesehatan lainnya.

2. Dehidrasi

Dehidrasi akibat kurang mengonsumsi air juga bisa menjadi penyebab asam urat tinggi. Ketika tubuh kurang cairan, ginjal menjadi kurang efektif dalam membuang mineral yang tidak dibutuhkan tubuh seperti purin.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU