> >

Apa Itu Gangguan Kepribadian NPD? Kenali 5 Tandanya

Kesehatan | 12 Oktober 2024, 06:05 WIB
Ilustrasi. Orang narsisis cenderung kurang memiliki empati terhadap orang lain dan biasanya memiliki hubungan yang bermasalah. (Sumber: pixabay.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah NPD atau Narcissistic Personality Disorder ramai diperbincangkan di media sosial. Gangguan kepribadian narsistik ini menyebabkan penderitanya merasa dirinya lebih baik dan penting daripada orang lain. 

Pengidap NPD membutuhkan dan mencari terlalu banyak perhatian dan ingin orang lain mengagumi dirinya. Melansir laman Cleveland Clinic, orang dengan gangguan ini juga merasa dirinya sebagai orang yang spesial dan unik.

Orang dengan gangguan NPD merasa hanya dapat dimengerti oleh atau perlu berhubungan dengan orang lain, institusi yang spesial, hingga berkedudukan lebih tinggi. Pengidap NPD juga membutuhkan pemujaan berlebihan. 

Baca Juga: Benarkah Orang dengan Kepribadian Narsistik Lebih Mudah Sukses di Tempat Kerja?

Namun di balik rasa percaya diri yang berlebihan, orang dengan NPD sebenarnya memiliki perasaan rapuh yang rentan terhadap kritik sekecil apa pun. Sayangnya, gangguan mental NPD kerap tidak disadari. 

Setidaknya, 6,2 persen orang mengalami NPD di beberapa titik dalam hidup mereka. Apabila dibandingkan, laki-laki jumlahnya lebih banyak daripada perempuan. 

Melansir Medical News Today, berikut beberapa tanda seseorang mengidap NPD.

1. Kebutuhan akan perhatian dan kekaguman

Orang dengan NPD sangat membutuhkan perhatian dan kekaguman dari orang-orang di sekitar mereka. Mereka biasanya mengandalkan orang lain sebagai sumber harga diri dan tidak memiliki rasa diri yang pasti.

Seseorang dengan NPD mungkin menunjukkan perilaku mencari perhatian untuk mendapatkan kekaguman yang mereka rasa perlu atau pantas mereka dapatkan.

2. Rasa mementingkan diri sendiri secara berlebihan

Salah satu tanda ketika seseorang mengidap NPD adalah rasa asa mementingkan diri sendiri yang berlebihan. Orang dengan NPD memiliki rasa superioritas atas orang lain.

Beberapa orang dengan NPD tampak percaya diri dan mementingkan diri sendiri. Sedangkan beberapa penderita lain mungkin tampak tidak aman dan mencela diri sendiri.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU