> >

Hari Anak Perempuan Sedunia 2024 Diperingati 11 Oktober, Ini Tema, Sejarah, dan Ucapannya

Tren | 11 Oktober 2024, 08:25 WIB
Hari Anak Perempuan Sedunia 2024 diperingati 11 Oktober (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 11 Oktober 2024 diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Sedunia atau Hari Anak Perempuan Internasional.

Melansir laman Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tema Hari Anak Perempuan Internasional tahun 2024 adalah ‘Visi Anak Perempuan untuk Masa Depan’.

Tema tahun ini menyampaikan perlunya tindakan segera dan harapan yang kuat terhadap visi anak perempuan untuk masa depan.

PBB mengungkapkan, generasi anak perempuan saat ini sangat terdampak oleh krisis iklim global, konflik, kemiskinan, dan penolakan terhadap upaya-upaya yang telah dicapai dengan susah payah dalam bidang hak asasi manusia dan kesetaraan gender.

Terlalu banyak anak perempuan yang masih ditolak hak-haknya, membatasi pilihan-pilihan mereka dan membatasi masa depan mereka.

Baca Juga: Disebut Masuk Bursa Kabinet Prabowo, Azwar Anas: Saya Belum Tahu Malah

"Namun, analisis terbaru menunjukkan bahwa anak perempuan tidak hanya berani menghadapi krisis, namun juga memiliki harapan untuk masa depan. Setiap hari, mereka mengambil tindakan untuk mewujudkan visi dunia di mana semua anak perempuan dilindungi, dihormati dan diberdayakan. Namun anak perempuan tidak bisa mewujudkan visi ini sendirian. Mereka membutuhkan sekutu yang mendengarkan dan menanggapi kebutuhan mereka," tulis PBB di laman un.org.

Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia 

Sejarah hari anak perempuan internasional bermula dari konferensi dunia tentang perempuan. Pada tahun 1995, Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang Perempuan yang diadakan di kota Beijing, China menghasilkan deklarasi yang mengangkat hak-hak anak perempuan dan pentingnya mengatasi diskriminasi dan kekerasan terhadap anak perempuan

Kemudian pada tahun 2011, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Resolusi 66/170 yang menetapkan tanggal 11 Oktober sebagai hari anak perempuan internasional.

Perjuangan untuk hak-hak anak perempuan memang masih jauh dari selesai, namun hari anak perempuan internasional menjadi bagian penting dari upaya global untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan memberdayakan anak perempuan di seluruh dunia.

Melalui peringatan hari anak perempuan internasional, masyarakat di seluruh dunia diingatkan tentang hak-hak anak perempuan yang seringkali dilanggar atau diabaikan, dan diharapkan dapat mendorong tindakan konkret untuk meningkatkan kondisi anak perempuan di seluruh dunia.

Peringatan hari anak perempuan internasional juga menjadi kesempatan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesetaraan gender dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi kehidupan anak perempuan dan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga: Shin Tae-Yong Ngamuk Usai Timnas Indonesia Gagal Menang Lawan Bahrain: Wasit Memalukan

Dengan meningkatkan kesadaran tentang hak-hak anak perempuan, diharapkan masyarakat dapat lebih peka dan responsif terhadap isu-isu yang dihadapi oleh anak perempuan, serta dapat memperjuangkan hak-hak anak perempuan dengan lebih baik.

Ucapan Hari Anak Perempuan Sedunia 2024

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU