> >

Tema dan Ucapan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 yang Diperingati Setiap 10 Oktober

Tren | 10 Oktober 2024, 08:21 WIB
Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Kesehatan Mental Sedunia atau Mental Health Day diperingati hari ini, Kamis (10/10/2024).

Perayaan penting yang juga disebut sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) ini diperingati setiap tanggal 10 Oktober untuk mengingatkan kembali akan pentingnya kesehatan mental.

Dilansir laman kemkes.go.id, tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 yaitu "Saatnya Prioritaskan Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja" dengan sub tema "Sehat Jiwa Modal Kerja Produktif."

Kementerian Kesehatan menggelar rangkaian kegiatan untuk peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 berupa webinar series, skrining dan intervensi hasil skrining kesehatan jiwa, dan mental health carnival yang diselenggarakan pada September - Oktober 2024.

Baca Juga: Sisa Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024 Menurut SKB 3 Menteri Terbaru, Oktober Ada Tanggal Merah?

Adapun menurut Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental, alasan pengambilan tema tersebut adalah untuk menyoroti salah satu masalah paling mendesak yang mempengaruhi tempat kerja di era modern yaitu burnout atau kelelahan kerja.

"Di dunia yang serbacepat ini, semakin banyak karyawan yang mengalami stres kronis yang berujung pada burnoutBurnout tidak terjadi dalam semalam. Ini bertahap dan dapat terjadi sebelum Anda benar-benar menyadarinya. Hal ini tidak hanya memengaruhi kesejahteraan individu; hal ini juga memiliki konsekuensi yang luas bagi organisasi," bunyi keterangan yang dikutip dari laman mentalhealth-uk.org.

"Kami menyerukan agar semua orang mengambil tanggung jawab bersama terhadap kesehatan mental di tempat kerja. Mulai dari pemberi kerja hingga karyawan, eksekutif hingga manajer, kita harus bersatu dalam mendidik diri kita sendiri dan satu sama lain untuk mengenali tanda-tanda kesehatan mental yang buruk dan memberikan dukungan timbal balik sehingga kita dapat menciptakan tempat kerja yang lebih sehat dan tangguh di mana kesejahteraan mental adalah prioritas bagi semua orang."

Baca Juga: Survei Kesehatan Mental Kemenkes: 41 Persen Peserta Pendidikan Dokter Spesialis Alami Gejala Depresi

Ucapan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024

1. On this World Mental Health Day, let’s break the stigma and embrace the importance of mental well-being. You are never alone in your struggles.

(Di Hari Kesehatan Mental Sedunia ini, mari kita hancurkan stigma dan akui pentingnya kesejahteraan mental. Kamu tidak pernah sendirian dalam perjuanganmu)

2. Mental health is just as important as physical health. Take time to care for your mind today and every day.

(Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Luangkan waktu untuk merawat pikiranmu hari ini dan setiap hari)

3. Let’s talk openly about mental health, because healing starts with conversation. Together, we can make a difference.

(Mari berbicara terbuka tentang kesehatan mental, karena penyembuhan dimulai dengan percakapan. Bersama-sama, kita bisa membuat perbedaan)

Penulis : Dian Nita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU