> >

Pada Usia Berapa Pria Wajib Periksa Kanker Prostat? Begini Penjelasan Dokter

Kesehatan | 1 Oktober 2024, 22:56 WIB
Ilustrasi kanker prostat. (Sumber: Thinkstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gejala kanker prostat meliputi perubahan pola buang air kecil, sulit mengosongkan kandung kemih, nyeri dan ketidaknyamanan di panggul, pembesaran prostat, dan disfungsi ereksi.

Sel kanker dapat bermetastasis atau menyebar ke organ atau jaringan di sekitar prostat, seperti kelenjar getah bening, tulang, atau organ lain sehingga dapat mengancam jiwa.

Untuk itu, dokter spesialis urologi dr. Andika afriansyah, SpU, Sub.SpFFN(K) mengingatkan, pria yang telah menginjak usia 45 tahun harus melakukan pemeriksaan kanker prostat demi mencegah keparahan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Tidur dengan Lampu Menyala

“Mestinya laki-laki itu harus mulai skrining pada saat usia 45 tahun jika ada riwayat keluarganya kanker prostat, tapi kalau dia tidak ada riwayat kanker prostat di keluarga, bisa mulai cek saat usia 50 tahun,” kata dr. Andika mengutip Antara, Selasa (1/10/2024)

Andika melanjutkan, kanker prostat sangat jarang terjadi pada pria di usia bawah 50 tahun.

Sebaliknya, kanker yang menyebabkan reproduksi pria tidak berfungsi secara optimal tersebut umum terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas.

Untuk itu, lanjut Andika, pemeriksaan pada usia 45 tahun sangat dianjurkan apa bila memiliki riwayat kanker prostat pada keluarga.

Pemeriksaan kanker prostat saat ini juga cukup mudah, dengan harga yang bervariasi.

Tes bernama Prostate Specific Antigen (PSA) kini telah tersedia di berbagai fasilitas kesehatan.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU