> >

4 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause

Kesehatan | 27 September 2024, 23:30 WIB
Ilustrasi Dokter yang menjelaskan tentang Menopause (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menopause adalah fase yang menandakan bahwa wanita sudah melawati masa-masa reproduktif. Pada fase ini, wanita tak bisa lagi menghasilkan sel telur dan siklus haid bulanan pun akan benar-benar berhenti.

Wanita akan mengalami berbagai perubahan pada fase menopause, hal ini akan memicu beberapa keluhan seperti perubahan mood hingga hot flashes. Tak hanya itu, wanita akan lebih rentan terserang berbagai masalah kesehatan seperti diabetes dan pengeroposan tulang saat berada dalam fase menopause. 

Salah satu nutrisi penting untuk meringankan gejala menopause adalah vitamin D. Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, anak-anak hingga dewasa memerlukan asupan 600 IU atau 15 mcg per hari. 

Baca Juga: Apakah Pria Juga Mengalami Menopause? Ini Penjelasan Dokter

Sementara, wanita berusia lanjut atau lebih dari 70 tahun memerlukan asupan hingga 800 IU atau 20 mcg per hari. 

Berikut ragam manfaat vitamin D untuk wanita menopause:

1. Mencegah osteoporosis

Salah satu fungsi vitamin D adalah meningkatkan efisiensi penyerapan kalsium dan membangun tulang dengan baik. Wanita yang berusia di atas 40 tahun atau memiliki risiko osteoporosis harus mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang cukup.

Kombinasi kalsium dan vitamin D merupakan cara utama untuk mencegah dan mengobati keropos tulang.

2. Mencegah depresi

Wanita yang masuk masa menopause juga rentan mengalami perubahan psikologis seperti depresi. Melansir Very Well Health disebutkan, salah satu manfaat vitamin D dapat memperbaiki gejala depresi termasuk orang yang sudah mengalami depresi berat.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, Kemkes


TERBARU