> >

5 Kebiasaan Ini Bantu Pertajam Daya Ingat, Simak Penjelasannya

Kesehatan | 25 September 2024, 12:44 WIB
Ilustrasi: minum air putih. (Sumber: Thinkstockphotos)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Otak adalah pusat kendali yang juga berfungsi untuk memproses informasi dan mengirimkan pesan yang mengendalikan segala sesuatu.

Seiring bertambahnya usia, otak akan mengalami perubahan fisiologis yang dapat memengaruhi memori, fokus, dan ingatan.

Kondisi ini menyebabkan penurunan daya ingat atau pikun. Menariknya, ada beberapa kebiasaan yang membantu mempertajam daya ingat.

Dikutip dari laman Medical News Today, sebuah studi dari Harvard Health Publishing melaporkan, orang yang melakukan kebiasaan tertentu bisa memiliki daya ingat yang tetap tajam hingga lanjut usia.

Studi ini juga menunjukkan bahwa gaya hidup dengan pola makan tertentu cenderung lebih rendah risiko terhadap penyakit yang menyerang daya ingat.

Baca Juga: 4 Buah Pencegah Pikun, Bikin Daya Ingat Tidak Menurun

Berikut ragam kebiasaan yang membantu mempertajam daya ingat. Anda boleh mencobanya, begini penjelasannya:

1. Minum air putih di pagi hari

Otak dan sebagian besar organ vital memerlukan oksigen dan air. Ketika tubuh dehidrasi, bahkan dalam tingkat ringan, fungsi otak dapat terganggu termasuk daya ingat. 

Minum air putih di pagi hari membantu menghidrasi otak dan meningkatkan fungsinya. Dehidrasi juga dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi. 

Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, kita dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga membantu meningkatkan daya ingat.

2. Meditasi

Meditasi juga menjadi salah satu kebiasaan yang membantu mempertajam daya ingat. Meditasi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas dapat meningkatkan fokus dan merelaksasi pikiran.

Meditasi juga dapat membantu mengurangi hormon stres atau kortisol, sehingga otak dapat berfungsi lebih optimal.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU