> >

5 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Menurunkan Imun Tubuh, Apa Saja ya?

Kesehatan | 19 September 2024, 06:05 WIB
Alergi adalah suatu reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap benda asing yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Beberapa pemicu alergi misalnya hewan misalnya bulu kucing anjing, serangga, tanaman, jamur, makanan, hingga obat. (Sumber: Science Photo Library)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari zat berbahaya, seperti kuman, bakteri, dan virus. Sistem imun juga membantu tubuh pulih dari infeksi dan cedera

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, imun tubuh terdiri dari jaringan besar organ, sel darah putih, antibodi, dan antigen sebagai bahan kimia tubuh. 

Ada kalanya imun tubuh menurut karena beberapa faktor, seperti, kurang tidur, konsumsi makanan tidak sehat secara terus menerus hingga kurang olahraga dan beraktivitas. Hasilnya badan lebih mudah terserang berbagai patogen atau gampang sakit. 

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Gelar Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024

Selain berbagai kebiasaan buruk di atas, ada juga berbagai kebiasaan sepele yang dapat menurunkan imun tubuh. Dikutip dari laman WebMD, berikut kebiasaan sepele yang dapat menurunkan imun tubuh.

Daftar Kebiasan Sepele yang Turunkan Imun Tubuh

1. Tidak memenuhi asupan air

Tubuh terdiri dari 60 persen cairan sehingga tak heran saat kurang minum, badan jadi gampang sakit. Air berperan penting dalam mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh sel tubuh. 

Kekurangan cairan dapat mengganggu proses ini dan membuat sel-sel kekurangan energi. Air juga membantu membuang zat sisa metabolisme dari tubuh. 

Dehidrasi atau kurang asupan cairan dapat menyebabkan penumpukan zat sisa dan mengganggu fungsi organ.

2. Menggigit kuku

Kebiasaan sepele yang dapat menurunkan imun tubuh selanjutnya adalah menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku kerap dilakukan sebagian orang saat stres atau gugup. 

Ternyata kebiasaan ini tak hanya merusak kulit di sekitar kuku tapi juga membuat Anda gampang pilek dan terkena penyakit infeksi lain. Tangan tanpa disadari jadi media pencemaran kuman, sehingga tak heran jari dan kuku bisa jadi tempat tumpukan kuman.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : Cleveland Clinic, Web MD


TERBARU