> >

Khamenei Perintahkan Militer Iran Siaga Satu dan Siap Tempur Jelang Serangan Israel

Kompas dunia | 25 Oktober 2024, 22:28 WIB
Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei hari Jumat, 25 Oktober 2024 dikabarkan telah menginstruksikan militer untuk bersiap menghadapi kemungkinan perang jika Israel melancarkan serangan. (Sumber: IRNA)

MOSKOW, KOMPAS.TV — Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei dikabarkan telah menginstruksikan militer untuk bersiap menghadapi kemungkinan perang jika Israel melancarkan serangan, Jumat (25/10/2024).

Melansir New York Times yang mengutip sumber anonim di Iran, respons Iran terhadap Israel akan sangat bergantung pada tingkat kerusakan dan korban yang diakibatkan oleh serangan tersebut. 

Sejumlah pejabat Iran mengindikasikan bahwa jika serangan Israel menimbulkan korban jiwa dan kerusakan besar, Iran siap melancarkan balasan yang signifikan. 

Namun, jika serangan Israel hanya terbatas pada target-target militer, Iran diperkirakan tidak akan memperluas konflik lebih jauh. 

Meskipun demikian, Khamenei menegaskan bahwa Iran akan merespons tanpa kompromi jika Israel menargetkan infrastruktur vital atau pejabat tinggi negara.

Iran, dalam rencana balasannya, disebut-sebut memiliki kapasitas untuk meluncurkan hingga 1.000 rudal. 

Selain itu, mereka mempertimbangkan untuk meningkatkan dukungan kepada kelompok-kelompok pro-Iran di kawasan yang berpotensi meningkatkan ketegangan secara lokal.

Baca Juga: Pengamat: Israel Diyakini Bakal Bunuh Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei

Tidak hanya itu, Iran juga berpotensi mengganggu jalur pasokan energi yang melewati Teluk Persia dan Selat Hormuz sebagai respons terhadap serangan dari Israel.

Pada tanggal 1 Oktober lalu, Iran melancarkan serangan rudal besar-besaran ke Israel sebagai langkah yang mereka klaim sebagai upaya pertahanan diri. 

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Sputnik


TERBARU