> >

Media Arab Saudi Laporkan Pelantikan Prabowo, Disebut Mencari Posisi Menonjol di Panggung Global

Kompas dunia | 20 Oktober 2024, 13:53 WIB
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant//Rivan Awal Lingga/app/YU)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia turut dikabarkan oleh media Arab Saudi.

Prabowo dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) bersama wakil presiden Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR-DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Media Arab Saudi, Al-Arabiya menyebut bahwa kini Prabowo tengah mencari posisi menonjol di panggung global.

Baca Juga: Prabowo Resmi Jadi Presiden Indonesia, Media Asing Soroti Bagaimana Keterlibatannya dengan Dunia

“Prabowo telah berkomitmen terhadap kebijakan luar negeri non-aliansi Indonesia, tetapi mengisyaratkan bahwa ia akan lebih berani di kancah dunia,” tulis media tersebut.

Prabowo sendiri menjadikan China sebagai kunjungan luar negeri pertamanya sejak menang pemilihan umum delapan bulan lalu.

Setelahnya ia juga melakukan perjalanan ke sejumlah negara lainnya termasuk Rusia, Arab Saudi, dan Australia, di mana ia menandatangani kesepakatan keamanan penting.

Al-Arabiya juga menegaskan Prabowo mewarisi ekonomi terbesar di Asia Tenggara, juga cadangan nikel terbesar di unia.

Media tersebut mengungkapkan bahwa Prabowo telah berhasil mengubah citra dirinya, yang sebelumnya dikenal sebagai pribadi militer yang keras.

Mereka mengatakan sepanjang pemilu Prabowo telah memperlihatkan figur kakek, yang akhirnya memenangkan para pemilih muda.

Penulis : Haryo Jati Editor : Gading-Persada

Sumber : Al-Arabiya


TERBARU