> >

Vladimir Putin: Keunggulan BRICS di Ekonomi Global Makin Menguat, Tembus di Atas G7

Kompas dunia | 19 Oktober 2024, 01:05 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam Forum Bisnis BRICS hari Jumat, 18 Oktober 2024 menegaskan porsi negara-negara BRICS dalam Produk Domestik Bruto PDB global telah melampaui kelompok G7 dan terus tumbuh.  (Sumber: TASS)

MOSKOW, KOMPAS TV - Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam Forum Bisnis BRICS hari Jumat, 18 Oktober 2024 menegaskan porsi negara-negara BRICS dalam Produk Domestik Bruto PDB global telah melampaui kelompok G7 dan terus tumbuh. 

BRICS merupakan organisasi antarpemerintah yang beranggotakan Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan.

Data terbaru menunjukkan kontribusi BRICS terhadap PDB global mencapai 37,4%, sementara G7 hanya 29,3%.

“Pada tahun 1992, G7 menguasai 45,5% PDB global, sementara BRICS hanya 16,7%. Namun pada 2023, perbedaan ini semakin besar, dengan BRICS yang terus tumbuh lebih besar, dan G7 terus menyusut," kata Putin.

Presiden Rusia ini juga menekankan BRICS akan memainkan peran lebih besar di masa depan dalam perekonomian dunia. "Negara-negara BRICS adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi global. Dalam waktu dekat, peningkatan PDB global akan sebagian besar berasal dari BRICS."

Putin menyebutkan kerja sama antara negara-negara BRICS dalam mempercepat pertumbuhan sosial-ekonomi dan memastikan pembangunan berkelanjutan telah memberikan hasil nyata. 

BRICS meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga negaranya. Menurut Putin, gabungan PDB BRICS telah mencapai lebih dari 60 triliun dolar AS (sekitar Rp935 kuadriliun), melampaui G7, dan terus meningkat.

Lebih dari 40% pertumbuhan PDB global dalam beberapa dekade terakhir datang dari BRICS. Berdasarkan proyeksi tahun ini, pertumbuhan ekonomi BRICS akan mencapai rata-rata 4%, lebih tinggi dibandingkan G7 yang hanya tumbuh 1,7%, dan di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi 3,2%.

Baca Juga: Rusia Jemawa Makin Banyak Negara Gabung BRICS: Mereka Lelah dengan AS

Pengaruh Ekspor Global dan Sumber Daya BRICS  

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : TASS


TERBARU