> >

Satu Tahun Genosida di Gaza: 11 Pembantaian Massal Warga oleh Israel yang Dicatat Sejarah Dunia

Kompas dunia | 7 Oktober 2024, 00:00 WIB
Warga Palestina Mahmoud Mikdad memegang jenazah putranya yang berusia 21 bulan, Yaman, yang tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza, di kamar mayat rumah sakit di Deir al-Balah, Selasa, 16 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

ISTANBUL, KOMPAS TV - Sejak 7 Oktober 2023, dalam kurun waktu satu tahun, Israel telah melakukan berbagai tindakan genosida yang tak terlupakan terhadap keluarga Palestina dan orang-orang yang mengungsi di Jalur Gaza.

Pembantaian ini dilakukan oleh Israel dan telah membunuh ribuan orang, sebagian besar justru wanita dan anak-anak. 

Serangan-serangan ini dilancarkan menggunakan mesin perang destruktif tentara Israel, dengan dukungan senjata serta amunisi dari Amerika Serikat (AS), yang menyebabkan kehancuran besar pada infrastruktur di Jalur Gaza serta mengubah daerah pemukiman menjadi wilayah yang tidak dapat dihuni.

Berikut informasi yang dihimpun Anadolu tentang 11 pembantaian mengerikan yang dilakukan oleh Israel di Gaza yang dicatat sejarah dunia sebagai bagian dari genosida, kerusakan yang ditimbulkan oleh pembantaian ini, serta senjata dan bom yang digunakan dalam pembantaian tersebut.

Israel, dengan dukungan AS, telah melakukan genosida di Gaza sejak 7 Oktober tahun lalu. Serangan-serangan genosida ini telah menyebabkan kehancuran yang meluas, kelaparan mematikan, serta kematian dan cedera puluhan ribu warga Palestina, banyak di antaranya adalah anak-anak dan wanita. Dilaporkan bahwa puluhan ribu orang hilang akibat serangan-serangan ini.

Israel terus melanjutkan pembantaian tersebut tanpa menghiraukan komunitas internasional, keputusan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk segera menghentikan pembantaian, serta instruksi Mahkamah Internasional (ICJ) untuk mengambil tindakan guna mencegah tindakan genosida dan memperbaiki situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Gaza seakan tidak digubris negara ini.

Baca Juga: Satu Tahun Genosida di Gaza: Kegagalan Strategis Militer Israel

1. Pembantaian Al Mawasi - Khan Younis

Tentara Israel meluncurkan serangan besar pada 10 September di daerah Al Mawasi, Khan Younis, di Jalur Gaza bagian selatan. Sebanyak 40 warga Palestina kehilangan nyawa dan 60 lainnya terluka dalam serangan tersebut.  

Pembantaian ini terjadi di wilayah yang diklaim oleh tentara Israel sebagai "zona aman" dan di mana Israel sebelumnya telah mengarahkan orang-orang yang mengungsi.

Menurut pernyataan Ismail Sevabite, direktur kantor media pemerintah di Gaza, pembantaian ini menyebabkan puluhan warga sipil terkubur di bawah pasir.  

Warga Palestina yang terlantar mengatakan bahwa area tempat tenda-tenda berada tiba-tiba berubah menjadi kuburan massal, dengan orang-orang yang terjebak di dalam lubang-lubang besar yang diakibatkan oleh pemboman dalam serangan tersebut.

Setelah serangan itu, organisasi hak asasi manusia Euro-Mediterania (Euro-Med) mengatakan bahwa AS turut berkomplot dalam pembantaian yang dilakukan oleh senjata destruktif milik tentara Israel.

“Penyelidikan awal menunjukkan bahwa pesawat tempur Israel menjatuhkan tiga bom MK-84 buatan Amerika Serikat pada orang-orang yang terlantar di daerah Mevasi, Khan Younis saat mereka sedang tidur di tenda-tenda mereka setelah tengah malam pada hari Selasa, 10 September. Serangan tersebut mengubur sekitar 20 tenda yang berisi keluarga-keluarga di dalam tiga lubang besar yang berdiameter beberapa meter," bunyi pernyataan Euro-Med, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Satu Tahun Genosida di Gaza: Ekonomi Israel Ditengarai Sedang dalam Proses Kehancuran

Sebuah kawah tampak di kamp pengungsi Al Mawasi di Jalur Gaza pada Selasa (10/9/2024) usai serangan udara Israel yang menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai 60 lainnya pada Selasa dini hari. (Sumber: AP Photo/Abdel Kareem Hana)

2. Pembantaian di Sekolah Tabiun – Gaza

Pesawat tempur Israel melakukan pembantaian besar lainnya pada 10 Agustus lalu.

Tentara Israel melancarkan serangan berdarah di Sekolah At-Tabiin, tempat warga sipil yang mengungsi berlindung di lingkungan Dereij, Gaza Timur, saat warga Palestina sedang melaksanakan salat subuh.

Setidaknya 100 orang, termasuk anak-anak dan wanita, tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan terhadap sekolah tersebut, tempat ribuan orang berlindung.

Tentara Israel mengklaim pada saat itu bahwa mereka membunuh 19 orang dari gerakan Hamas dan Jihad Islam saat menargetkan sekolah tersebut dan merilis daftar anggota kedua gerakan tersebut, namun kelompok-kelompok Palestina membantah klaim tersebut.

Presiden Euro-Med, Rami Abdo, mengatakan bahwa daftar yang dirilis oleh tentara Israel mencakup mereka yang tewas dalam serangan sebelumnya dan warga sipil yang menentang Hamas.

Baca Juga: Ngeri, Kuburan Massal Khan Younis Ungkap Perlakuan Tentara Israel atas Warga Gaza yang Sudah Dikubur

3. Pembantaian Al Mawasi – Khan Younis

Pada 13 Juli, tentara Israel melancarkan serangan brutal di daerah al-Mawasi, Khan Younis, yang sebelumnya dinyatakan sebagai zona aman tempat orang-orang Palestina yang mengungsi berlindung dari Jalur Gaza.

Setidaknya 90 orang, sebagian besar anak-anak dan wanita, tewas, dan 300 lainnya terluka dalam serangan tersebut.

Media Israel mengklaim serangan tersebut menargetkan Mohammed al-Dayf, komandan sayap militer Hamas, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, namun Hamas membantah bahwa Dayf dibunuh pada hari yang sama.

"Ini bukan pertama kalinya Israel mengklaim telah menargetkan para pemimpin Palestina, tetapi kemudian terbukti bahwa ini adalah kebohongan. Ternyata klaim yang tidak berdasar ini hanya dimaksudkan untuk menutupi skala dari pembantaian mengerikan ini," kata Hamas dalam sebuah pernyataan saat itu.

Baca Juga: Israel Mengebom Masjid Deir al-Balah, Setidaknya 18 orang  Warga Sipil Gaza Tewas dan Puluhan Cedera

4. Kamp Pengungsi Nuseirat – Deir el-Balah

Dalam pembantaian yang dilakukan oleh tentara Israel di Kamp Pengungsi Nusayrat, kota Deir al-Balah, pada 8 Juni, tentara Israel yang menyamar sebagai warga Palestina dan menggunakan dua kendaraan sipil.  

Tentara Israel mengumumkan bahwa empat tahanan Israel berhasil diselamatkan, dan pembantaian berdarah ini mengakibatkan kematian ratusan warga Palestina, dari mana 274 warga Palestina, termasuk 64 anak-anak dan 57 wanita, kehilangan nyawa.

Sebanyak 698 warga Palestina, termasuk 153 anak-anak dan 161 wanita, terluka dalam serangan tersebut.

"Tentara pendudukan membombardir 89 rumah dan satu bangunan yang berisi orang-orang di dalamnya selama pembantaian di Nusayrat," papar Ismail al-Sawabite, direktur kantor media pemerintah di Gaza, menunjukkan besarnya serangan Israel.

Tentara Israel mengumumkan bahwa mereka melancarkan serangan di berbagai titik di bagian tengah Jalur Gaza dan bahwa total empat tahanan Israel diselamatkan hidup-hidup di dua area berbeda.

Brigade Qassam mengumumkan bahwa "pemboman tersebut mengakibatkan kematian dan cedera ratusan warga Palestina serta kematian tiga tahanan Israel."

Baca Juga: Israel Sehari Bantai 210 Warga Nuseirat, Presiden Palestina Desak Sesi Darurat Dewan Keamanan PBB

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Gading-Persada

Sumber : Anadolu


TERBARU