> >

Peringatan Biden ke Netanyahu Usai Muncul Ada Upaya PM Israel Pengaruhi Pemilu AS

Kompas dunia | 5 Oktober 2024, 12:51 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam sebuah acara di Ruang Roosevelt, Gedung Putih di Washington, Selasa, 1 Oktober 2024. (Sumber: Foto AP/Mark Schiefelbein)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menanggapi tuduhan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu ingin mempengaruhi pemilu AS.

Netanyahu dituduh sengaja menunda setujui gencatan senjata di Gaza untuk mempenaruhi pemilu AS.

Biden mengaku dirinya tak tahu apakah niatan Netanyahu sesuai dengan tuduhan tersebut, namun ia memberikan peringatan kepada skeutunya itu.

Baca Juga: Ancaman Pemimpin Iran Ali Khamenei ke Israel, Hizbullah dan Hamas Akan Bangkit dan Tak Pernah Mundur

“Apakah ia mencoba mempengaruhi pemilu, saya tak tahu, tapi saya tidak memperhitungkan hal itu,” ujar Biden dikutip dari BBC Internasional, Sabtu (5/10/2024).

Ia pun kemudian melontarkan peringatan yang singkat dan keras terhadap sekutu lamanya tersebut.

“Tidak ada pemerintahan yang membantu Israel lebih dari Anda, Tidak, tidak ada, dan saya pikir (Netanyahu) harus mengingat hal itu,” ujarnya.

Sejumlah anggota Demokrat terus menyerukan kekhawatiran bahwa Netanyahu telah tak memedulikan seruan Biden untuk menegosiasikan gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Mereka melihat Netanyahu berusaha melakukan hal itu untuk menyakiti peluang Demokrat pada pemlu November.

“Saya rasa Anda tak perlu menjadi orang yang sinis jika membaca beberapa tindakan Israel, beberapa tindakan Perdana Menteri Netanyahu, yang terkait dengan pemilu Amerika,” katanya.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : BBC Internasional


TERBARU