> >

Foto Satelit Tunjukkan Kerusakan di Lanud Nevatim, Tempat Israel Parkir Jet Siluman F-35

Kompas dunia | 3 Oktober 2024, 21:43 WIB
Foto satelit dari Planet Labs PBC ini menunjukkan kerusakan di hangar Pangkalan Uara Nevatim, Israel. Foto diambil pada 2 Oktober 2024. (Sumber: Planet Labs PBC via AP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Serangan rudal Iran yang diluncurkan pada Selasa (1/10/2024) menimbulkan kerusakan di Pangkalan Udara Nevatim, Israel.

Pangkalan ini adalah tempat Angkatan Udara Israel memarkir pesawat-pesawat tercanggihnya, termasuk jet siluman F-35 Lightning II buatan Amerika Serikat (AS).

Foto-foto satelit yang didapatkan Associated Press, Rabu (2/10), menunjukkan kerusakan di sejumlah bangunan di Pangkalan Udara Nevatim.

Kerusakan terlihat di barisan bangunan dekat landasan pacu utama.

Baca Juga: Israel Gempur Pusat Kota Beirut, Tewaskan Petugas Medis dan Lukai Jurnalis Belgia

Sejauh ini belum diketahui skala kerusakan yang disebabkan serangan rudal Iran ke fasilitas militer Israel.

Pemerintah Israel sejauh ini enggan mengumumkan detail kerusakan yang terjadi.

Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan, terdapat 20-30 rudal balistik Iran yang diarahkan ke Pangkalan Udara Nevatim pada Selasa (1/10) malam lalu.

Selain memuat skuadron F-35, pangkalan ini juga menjadi tempat parkir pesawat tanker Boeing 707 Israel dan pesawat pengintai lain.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Iran Brigjen Aziz Nasirzadeh mengklaim, operasi serangan rudal ke Israel "90 persen berhasil."

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU